Kamis, Oktober 10


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan pulang ke Solo, Jawa Tengah, seusai pelantikan presiden-wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober. Setelah tak lagi menjabat Presiden, apakah ada kemungkinan Jokowi akan pulang ke Solo menggunakan pesawat komersial?

Hal ini sempat ditanyakan ke Mensesneg Pratikno saat wawancara dengan wartawan di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/10/2024). Pratikno tidak menjawab lugas, namun dia mengatakan akan mengatur semuanya, termasuk pesawat komersial sudah dipersiapkan.

“Nanti kita atur, jadi pokoknya komersial sudah siap,” kata Pratikno.


Begitu juga saat ditanya apakah tiket pesawat komersial sudah siap, lagi-lagi Pratikno menjawab semua hal sudah dipersiapkan.

“Pokoknya siap,” ucapnya

Lalu, saat ditanya apakah kepulangan Jokowi ke Solo tetap diikuti protokol Istana Kepresidenan, Pratikno menjawab hal tersebut akan disesuaikan nantinya. Mantan Rektor UGM itu menekankan bahwa mantan presiden ataupun wapres berhak mendapatkan fasilitas Paspampres.

“Kan Presiden sebagai mantan presiden tetap berhak untuk memperoleh dukungan pengamanan Paspampres, dan ada grup tersendiri untuk mantan presiden dan wapres,” ujarnya.

(eva/rfs)

Membagikan
Exit mobile version