Rabu, Oktober 23


Jakarta

Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman Maruarar Sirait menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin. Berdasarkan pantauan, Ara tengah menemui JA.

Pantauan detikcom di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (22/10/2024) pukul 13.00 WIB, terlihat Ara sampai di Kejagung. Tampak Ara langsung menemui ST Burhanuddin.

Tampak mobil Ara juga sudah terparkir di depan Gedung Utama Kejagung. Saat ini pertemuan itu masih berlangsung secara tertutup.


Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Harli Siregar mengatakan Ara tiba pada pukul 13.00 WIB. Dia mengatakan pertemuan itu dilaksanakan tertutup.

“Iya, infonya Pak Maruarar datang pukul 13.00 WIB,” kata Harli saat dihubungi detikcom.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman Maruarar Sirait berencana menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin. Dalam pertemuannya itu, Ara, sapaan akrabnya, akan bicara masalah lahan untuk perumahan.

Ara mengatakan akan mempercepat penyediaan rumah dengan memanfaatkan lahan sitaan dan lahan BUMN.

“Selain arahan Bapak Presiden Prabowo harus bergerak cepat, jadi kita juga akan memanfaatkan tanah-tanah yang katakanlah ada dalam kepemilikan aparat hukum supaya itu bisa cepat untuk dibangun,” ujar Maruarar kepada wartawan seusai acara serah terima jabatan di Kementerian PUPR, pada Senin (21/10).

Selain tanah sitaan, pemerintah akan memaksimalkan lahan milik BUMN. Maruarar Sirait juga menyatakan telah berkoordinasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir untuk memastikan lahan-lahan strategis dapat digunakan demi kepentingan publik.

“Ya, karena saya sudah bicara sama Pak Erick juga nanti kita koordinasi dengan BUMN, kita juga ingin ada tanah-tanah yang ada di kota supaya nanti masyarakat itu tidak perlu lagi jauh dari daerah ke kota,” katanya.

Ada pula taksiran mengenai jumlah atau luas lahan yang akan digunakan, Maruarar menyebutkan beberapa provinsi memiliki jumlah yang cukup besar dan signifikan untuk proyek ini.

“Ya, itu kita akan mempelajari, mengevaluasi selama ini Kenapa tidak tepat sasaran Itu kita harus cari tahu asalnya,” kata Maruarar.

Selain itu, pemerintah berkomitmen untuk memanfaatkan lahan-lahan di kota agar masyarakat tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk mengakses fasilitas dan infrastruktur penting.

Langkah ini diharapkan dapat mengurangi biaya transportasi dan waktu tempuh masyarakat, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan.

“Saya sudah sampaikan kepada Pak Presiden konsep saya, kalau diterima gabungan ini adalah gotong royong semua juga, kebetulan saya 5 tahun ini bergerak di bidang usaha. Sekarang negara memanggil, saya siap untuk berbakti,” pungkasnya.

Simak: Video Momen 48 Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran Resmi Dilantik

[Gambas:Video 20detik]

(yld/yld)

Membagikan
Exit mobile version