Minggu, September 29


Jakarta

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan jajaran membagikan daging kurban di kantornya hari ini. Daging dari sapi dan kambing dibagikan kepada karyawan.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga menyebut pula perputaran ekonomi dalam momen Idul Adha di Indonesia mencapai lebih dari 100 triliun rupiah. Duit itu memutar dari pedagang sapi, penyembelih, yang membagikan, juga dalam proses memasak dagingnya.

“Dan juga ada aspek ekonomi kurban. Kemarin kami menghitung ternyata manfaat kurban ini sangat luar biasa. Karena ada jutaan potongan yang akan dibagikan dan ada tingkat dari dampak ekonomi yang dihitung di atas Rp 100 triliun,” kata Sandiaga Rabu (19/6/2024).


Awalnya, Sandiaga menjabarkan tentang tema Idul Adha di Kemenpareraf. Ia menekankan pada indahnya berbagi dan saling memberikan karena Allah, indahnya saling menjaga dan kasih karena Allah.

“Shalawat dan salam tercurah kepada junjungan Nabi Muhammad SAW semoga kita bisa mendapat syafaat nanti. Hari ini kita berkumpul dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 H dan memperingati pengorbanan besar Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dan jangan lupa 1 lagi Siti Hajar dalam menjalankan perintah Allah SWT,” dia menjelaskan.

Kurban di Kemenparekraf (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Lalu, Sandiaga menyebut bahwa pada awal penyembelihan akan dilakukan di Gedung Sapta Pesona. Namun, mempertimbangkan aspek higienitas dan memastikan ekosistem rantai pasok dari kurban ini terbagi ke rata ke semua pihak maka pemotongan dilakukan di RPH yang halal.

“Jadi kalau di sini kan kita takutnya terbuang ada darahnya dan lain sebagainya. Dan mungkin nanti ngelihat ada yang trauma. Ada yang lari-lari sapi nanti. Kadang-kadang suka begitu,” ujar dia.

“Jadi kita kemarin putuskan saya usulkan untuk dilakukan di RPH sesuai dengan anjuran pemerintah,” dia menegaskan.

Jadi, Masjid Rihlatul Jannah Kemenparekraf melaksanakan pemotongan tiga ekor sapi dan dua ekor kambing dari Menparekraf Sandiaga Uno dan jajaran. Daging kurban distribusikan kepada 320 penerima:

1. Cleaning service dan teknisi di empat gedung
2. ⁠Security
3. ⁠Driver.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version