Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan RB), Abdullah Azwar Anas meluncurkan buku barunya yang berjudul ‘Anti Mainstream Bureaucracy: Strategi dan Seni Mentransformasi Birokrasi’. Peluncuran buku ini bersamaan dengan Forum Diskusi Kinerja Reformasi Birokrasi yang digelar di Assembly Hall Birawa, Hotel Bidakara Jakarta, hari ini.

Buku Anti Mainstream Bureaucracy (AMB) merupakan buah pemikiran Anas yang membuka rahasia perjalanan, pemikiran, dan terobosannya dalam mengurai kompleksitas birokrasi. Selain itu, di dalam karya ini tertuang strategi, langkah-langkah, serta pengalaman nyata dalam melakukan reformasi birokrasi di berbagai tingkatan.

Ada yang unik dalam sampul belakang buku tersebut. Anas mengatakan bahwa gambar tersebut bukanlah bunga, melainkan turbin seperti turbinnya kapal.


“Kenapa kami gambarkan turbin? Birokrasi itu ada dua soal. Satu kecepatan, dua akselerasi. Semakin turbin ini kencang tinggi maka birokrasi kita juga akan lebih cepat,” papar Anas dalam acara Peluncuran Buku AMB, Kamis (10/10/2024).

Anas menjelaskan yang menggerakkan turbin tersebut adalah 7 strategi dan 5 gaya kepemimpinan. Layaknya sebuah mesin turbin dengan kecepatan powerfull, mengedepankan 7 strategi yang mencakup Kompetensi, Simplifikasi, Digitalisasi, Orkestrasi, Kulturasi, Agility, dan Performansi. Sementara 5 gaya kepemimpinan yang dimaksud antara lain Inspirasi, Kecepatan, Eksekusi, Kolaborasi, dan Pemenang.

Buku ini tidak hanya berisi wawasan teoritis, tetapi juga berbagi pengalaman praktis dalam menghadapi hambatan yang kerap muncul dalam reformasi birokrasi.

“Sekali lagi, buku ini merangkum dari pekerjaan dari banyak orang yang kebetulan MenPAN RB bagian itu. Maka kemudian kami tulis supaya menjadi pelajaran buat kita. Dan saya berterima kasih Mbak, karena saya banyak belajar dengan para menteri kolega saya,” ujarnya.

Selain kepada para kolega menteri, Anas juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kepala LPNK, kepala LNS, Kepala Badan, hingga para staf KemenPAN RB yang menjadi sumber belajarnya.

Sebagai informasi, acara Forum Diskusi dan Peluncuran Buku ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris KemenPAN RB Rini Widyantini, para pegawai KemenPAN RB, dan masih banyak tamu undangan penting lainnya.

Para tamu yang hadir kompak memakai baju batik sebagai dress code. Lalu, acara ini berjalan dengan tidak monoton karena mempersembahkan tampilan Tarian Banyuwangi kolaborasi Tarian Gandrung dan Jaripah hingga penampilan musik band.

(prf/ega)

Membagikan
Exit mobile version