Kamis, Mei 16

Jakarta

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi menelepon Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian. Retno menyampaikan keprihatinan Indonesia atas situasi di Timur Tengah.

“Saya melakukan percakapan melalui telepon dengan Menlu @Amirabdolahian Iran (15/4). Saya menyampaikan keprihatinan saya atas situasi yang mengkhawatirkan di Timur Tengah,” kata Retno dalam cuitannya di X, Senin (15/4/2024).

Retno juga menyerukan agar Iran dan Israel untuk menahan diri. Dia juga meminta agar ketegangan antara kedua negara itu dapat diredakan.


“Dan menyerukan semua negara terkait untuk menahan diri dan meredakan ketegangan,” tulis Retno.

Diberitakan sebelumnya, Iran melakukan serangan udara pada Sabtu (13/4) terhadap Israel sebagai pembalasan atas serangan udara tanggal 1 April terhadap fasilitas diplomatiknya di ibukota Suriah. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal penting.

Iran mengklaim serangan terhadap sasaran militer tertentu, sementara Israel menegaskan bahwa sebagian besar serangan tersebut digagalkan oleh sistem pertahanan udara, meskipun sebuah rudal memang menyerang pangkalan militer di wilayah selatan.

(lir/fas)

Membagikan
Exit mobile version