Sabtu, September 14


Jakarta

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin merespons temuan lonjakan kasus gagal ginjal anak yang sempat viral beberapa waktu lalu. Ia mengatakan kasus gagal ginjal anak di Indonesia sudah ada sejak lama, namun baru terdeteksi pada masa kini.

Hal ini dikarenakan telah meningkatnya skrining tes yang dilakukan di masyarakat, sehingga sejumlah penyakit pun terdeteksi termasuk gagal ginjal pada anak.

“Skrining kita sudah meningkat lebih sampai 40 juta orang kita lakukan skrining dalam 6 bulan terakhir. Akibatnya keliatan semua penyakitnya apa. Itu yang menyebabkan IDAI merasa khawatir begitu melihat prevalensi diabetes itu tinggi sekali,” ucap Menkes saat Rapat Kerja Bersama Komisi IX DPR RI, Kamis (29/8/2024).


Menkes menyebut diabetes menjadi penyebab utama dari kasus gagal ginjal anak di RI meningkat. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan tatalaksana dari hasil skrining diabetes pada anak.

“Memang dari sisi insidennya tidak naik secara signifikan, tetapi dari sisi risk faktornya naik secara signifikan karena memang di-skrining lebih banyak,” katanya lagi.

(suc/up)

Membagikan
Exit mobile version