Sabtu, September 14


Jakarta

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan segera mengeluarkan aturan baru terkait labeling makanan. Ia menuturkan penerapan label ini akan mengadopsi ‘NutriGrade’ Singapura.

Selain meliputi makanan kemasan, labeling juga dilakukan untuk menu-menu di restoran. Hal ini menjadi salah satu langkah agar masyarakat lebih sadar terkait konsumsi gula, garam, dan lemak harian.

“Indonesia pengin lebih maju. Makanan siap saji nanti juga ada (label) di restoran seperti itu. Jadi sekarang kita mau pasang itu nutrigrade-nya A B C D,” ujar Menkes ketika ditemui awak media di Kantor DPR-RI, Kamis (29/8/2024).


“Kalau di Singapura contohnya kan yang kemasan. Kita kemasan dan siap saji, tapi mungkin siap sajinya yang restoran dulu yang ada menunya,” sambungnya.

Menkes mengatakan penerapan NutriGrade nantinya bisa menjadi bahan ‘promosi’ untuk produk makanan atau minuman kemasan. Ia menilai, ini adalah salah satu cara agar produsen makanan dan minuman ‘bersaing’ untuk menghadirkan hidangan lebih sehat. Walhasil, konsumen juga yang nantinya akan diuntungkan.

“Misalnya minuman less sugar atau zero sugar, pasti mereka akan cepat-cepat pasang untuk menunjukkan, mempromosikan mereka,” katanya.

Menkes menuturkan aturan ini rencananya akan mulai diluncurkan dalam waktu dua pekan ke depan. Aturan akan dilaksanakan secara bertahap dan harapannya bisa langsung diberlakukan secara menyeluruh di Indonesia.

“Itu kita inginnya menyeluruh secara nasional,” tandasnya.

(avk/naf)

Membagikan
Exit mobile version