Kamis, Juli 4

Kota Australia, Melbourne, memiliki jaringan transportasi yang baik. Traveler yang ingin berkeliling dengan transportasi umum cukup memiliki kartu sakti ini.

Melbourne, kota metropolitan terbesar kedua di Australia, terkenal dengan budaya, arsitekturnya yang memukau, dan banyak atraksi yang menarik. Di sana ada museum kelas dunia seperti National Gallery of Victoria hingga pasar lokal seperti Queen Victoria Market.

Melbourne benar-benar menjadi destinasi yang memikat untuk dijelajahi karena menggabungkan keindahan alam, kekayaan budaya, dan fasilitas modern.

Dengan sistem transportasi publik yang hampir merambati seluruh kawasan Melbourne dan mudah diakses. Menjelajahi destinasi wisata yang ditawarkan Melbourne menjadi hal yang mudah bagi para turis.

Berikut detikTravel sajikan panduan transportasi umum di Melbourne yang bisa digunakan untuk para turis. Kartu Myki jadi kunci utamanya.

Hampir semua moda transportasi publik di Melbourne menggunakan kartu Myki sebagai alat pembayaran. Bisa dikatakan bahwa kartu ini menjadi kunci untuk menggunakan transportasi publik di Melbourne.

Turis bisa memberi Kartu Myki di stasiun kereta api, toko-toko, ataupun secara online.

Myki CardKartu Myki (Foto: Australia Plus)

Berikut aneka transportasi umum di Melbourne:

Dikutip dari visit Melbourne.com, terdapat empat moda transportasi umum yang dapat menjadi pilihan ketika seseorang berada di kawasan Melbourne, berikut pilihannya :

1. Kereta Api

Pusat kota Melbourne, pinggiran kota, dan sejumlah kota regional di Melbourne dihubungkan oleh jaringan Kereta api. Kereta api dapat membantu para penumpangnya menjelajahi berbagai wilayah tanpa kerepotan dengan keunggulan waktu tempuh yang cepat dibandingkan moda transportasi lainnya.

Stasiun kereta api utama seperti Flinders Street dan Southern Cross berfungsi sebagai pusat penting yang menghubungkan berbagai rute, memudahkan perjalanan baik bagi penduduk lokal maupun wisatawan.

Selain memiliki waktu tempuh yang cepat, penumpang kereta api juga dapat menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan sambil bersantai. Ini membuat perjalanan wisata tentunya terasa lebih menyenangkan.

2. Trem

Trem adalah moda transportasi ikonik Melbourne yang beroperasi di dalam dan sekitar pusat kota. Penumpang bisa naik trem secara gratis di Zona Gratis Trem yang berada di pusat kota. Atau juga bisa menggunakan trem dengan menunggu di halte-halte yang tersedia.

Pastikan untuk mengecek peta perjalanan, nomor rute, dan jadwal waktu trem yang tersedia di setiap haltenya. Layaknya bus umum di Jakarta, nomor rute trem juga bisa dilihat pada bagian depan trem.

Meskipun trem merupakan transportasi gratis untuk bepergian ke pusat kota Melbourne, pastikan traveler tetap harus memiliki kartu Myki jika berencana melakukan perjalanan di luar pusat kota Melbourne.

Zona gratis trem ini meliputi kawasan yang dibatasi oleh Library at the Dock pada bagian barat. Pada bagian selatan dibatasi oleh Batman Park (stop 124), Flinders & Queensbridge street (stop 1), Federation Square (stop 13), hingga Russell & Flinders street (stop 6).

Bagian timur dibatasi oleh kawasan Spring & Flinders street (stop 8) hingga victoria parade (stop 10). Sedangkan bagian utara dibatasi oleh sepanjang Elizabeth street, Victoria street, sampai William street.

3.Bus

Pusat-pusat utama di sekitar kota seperti pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, tempat rekreasi dan olahraga, serta beberapa tempat wisata besar di kota masih termasuk dalam kawasan operasi bus Melbourne.

Jaringan bus Melbourne sangat luas mencakup lebih dari 300 rute baik antar kota hingga layanan lokal di pinggiran kota. Untuk mempermudah menemukan rute bus yang tepat, traveler bisa melihat melihat peta bus di stasiun kereta api, halte bus, dan pusat informasi turis.

Jika ingin lebih mudah, traveler bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti PTV Journey Planner, mengunduh aplikasi Myki.

Tarif bus di Melbourne bervariasi tergantung pada jarak tempuh dan zona Myki yang dituju. Pastikan traveler telah memiliki kartu Myki dengan saldo yang cukup sebagai alat pembayaran bus Melbourne.

4. Taksi

Berbeda dengan pilihan transportasi sebelumnya, tak perlu kebingungan untuk mencari rute atau pemberhentian khusus taksi karena taksi tersebar hampir di seluruh kawasan melbourne.

Taksi bisa menjadi pilihan tepat dan nyaman jika hanya memiliki waktu perjalanan yang singkat atau saat membawa banyak barang bawaan.

Layaknya taksi di Indonesia, taksi di Melbourne juga mudah dikenali karena memiliki lampu di atap kabinnya. Sebagian besar bercat kuning, perak, atau putih.

Selain dapat menemukan taksi di beberapa titik pangkalan, traveler juga dapat memanggil taksi di jalan dengan kode jika lampu atap menyala taksi biasanya kosong bisa untuk disewa.

Selain taksi, layanan aplikasi online tersedia melalui aplikasi seperti Uber, Taxify, dan DiDi. Aplikasi ini menunjukkan perkiraan tarif, gambar pengemudi, detail kendaraan, dan memungkinkan untuk melacak perjalananmu di peta.

Membagikan
Exit mobile version