Kamis, Oktober 24


Jakarta

Selain hardware yang canggih dan harga yang relatif terjangkau, Xiaomi 14T Pro mengedepankan kamera dan lensanya yang bermerk Leica. Tentunya daya tarik popularitas dan penjualan Xiaomi tidak terlepas dari kualitas kameranya.

Maka dari itu, kita akan fokus dalam menguji kemampuan fotografi kamera Xiaomi 14T Pro ini di berbagai lokasi dan subjek, terutama di kondisi cahaya yang minim, sesuai dengan tagline Xiaomi 14T: Master light, capture night.

Seri Xiaomi T ini punya harga yang menarik, karena menggunakan prosesor dari Mediatek, yaitu Dimensity. Sebenarnya processor ini cuma kalah tipis dari processor yang lebih populer seperti Snapdragon dari Qualcomm, tapi perbedaan harganya cukup banyak. Xiaomi 14T Pro harganya cuma 8 jutaan, dibandingkan dengan Xiaomi 14 PRO yang tidak masuk ke indonesia itu 700 USD atau sekitar Rp11-12 juta. Lumayan kan hemat Rp3-4 jutaan.


Ponsel Xiaomi 14T Pro punya tiga modul kamera. Yang utama adalah kamera utama bersensor 1/1.31 inci, relatif besar, dan lensanya Leica Summilux f/1.6 yang sangat lebar. Branding “Summilux” biasanya disematkan ke lensa-lensa Leica yang berbukaan f/1.4. Summilux berasal dari Summa artinya banyak, dan Lux artinya cahaya. Artinya lensa ini dapat memasukkan banyak cahaya dan oleh sebab itu sangat pas digunakan di kondisi minim cahaya/low light.

Xiaomi 14T Pro Foto: Dok. Enche Tjin

Tersedia dua modul kamera lagi yaitu ultrawide 12 MP f/2.2 dan telefoto 60mm f/2 dengan sensor 1/2.88″. Keduanya punya spek standar yang nice to have, tapi tidak sebagus modul kamera utamanya.

Menurut Xiaomi, kamera utamanya menggunakan teknologi FusionLM yang merupakan bagian dari AISP, sejenis teknologi computational photography yang saat kita memotret, kamera akan mengambil secara cepat beberapa gambar lalu menggabungkannya untuk mengurangi noise dan meningkatkan detail foto.

Hasil foto di malam hari yang kurang cahaya sekilas terlihat bagus, tajam, warnanya cerah dan dan bebas dari noise. Tapi kalau kita lihat dengan seksama, tekstur halus atau fine detail tidak terlihat di beberapa kondisi, terutama saat kondisi yang sangat gelap. Sepertinya proses penajaman dan noise reduction menghilangkan detail2 halus tersebut.

Review Xiaomi 14T Pro Foto: Dok. Enche Tjin
Review Xiaomi 14T Pro Foto: Dok. Enche Tjin
Review Xiaomi 14T Pro Foto: Dok. Enche Tjin

Contoh portrait mode ada di halaman selanjutnya>>



Membagikan
Exit mobile version