Rabu, Oktober 16


Jakarta

Karburator merupakan salah satu komponen penting dalam mesin sepeda motor. Sebab, fungsi utama karburator adalah untuk mengumpulkan udara dan mencampurkannya dengan bahan bakar.

Sebenarnya, motor-motor keluaran terbaru sudah meninggalkan karburator dan beralih ke teknologi injeksi yang diklaim lebih irit bensin dan ramah lingkungan. Meski begitu, tak ada salahnya mempelajari tentang karburator di sepeda motor.

Lantas, apa saja komponen-komponen di karburator motor dan bagaimana cara kerjanya? Simak pembahasannya dalam artikel ini.


Mengenal Karburator Motor

Dilansir situs Planet Ban, karburator adalah komponen pada mesin pembakaran sepeda motor yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dengan udara, sebelum akhirnya dibakar di dalam ruang bakar.

Pada mesin pembakaran, campuran udara dan bahan bakar yang tepat sangatlah penting agar dapat menjaga kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Karburator bekerja dengan memasok bahan bakar ke mesin dengan cara menyedot bahan bakar dari tangki bensin, kemudian mencampurnya dengan udara, lalu campuran tersebut dikirim ke ruang bakar mesin lewat pintu gas atau throttle.

Dilihat dari cara kerjanya, karburator memang terbilang masih bekerja secara manual jika dibandingkan dengan sistem injeksi. Meski begitu, karburator lebih mudah untuk diutak-atik saat terjadi kerusakan atau ingin diatur ulang.

Komponen-komponen di Karburator Motor

Agar berfungsi secara optimal, terdapat berbagai komponen pada karburator sepeda motor. Mengutip laman Suzuki, berikut bagian-bagian dalam karburator motor:

1. Main Jet

Main jet berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam udara. Ukuran diameter main jet akan mempengaruhi jumlah bahan bakar yang masuk ke mesin.

Apabila ukuran main jet cukup besar maka dapat menyemburkan lebih banyak bahan bakar. Sebaliknya, ukuran main jet yang lebih kecil akan menyemprotkan lebih sedikit bahan bakar.

2. Pilot Jet

Komponen ini mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan saat mesin dalam keadaan idle atau putaran rendah. Pilot jet juga berperan penting dalam menyediakan bahan bakar yang cukup untuk menjaga mesin tetap berfungsi saat tidak ada gas yang diberikan.

3. Needle Jet

Needle jet berfungsi bersama dengan jarum gas untuk mengatur jumlah bahan bakar yang disuplai ke mesin pada putaran menengah. Komponen ini memungkinkan penyesuaian bahan bakar di putaran gas sedang hingga tinggi.

4. Choke Valve

Choke valve merupakan katup yang mengontrol aliran udara ketika mesin sedang dingin. Saat mesin dingin, choke valve akan menutup untuk meningkatkan rasio udara bahan bakar sehingga mesin lebih mudah dihidupkan.

Setelah mesin sudah panas, choke valve secara otomatis terbuka untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dengan begitu, penggunaan bahan bakar juga lebih efisien.

5. Jarum Pelampung

Komponen berikutnya adalah jarum pelampung yang bentuknya lancip, mirip dengan katup yang bisa menekan sebuah lubang. Jarum ini berfungsi sebagai pengatur volume ruang pelampung agar tidak over. Hal ini membantu campuran yang keluar menuju intake manifold berlangsung normal.

6. Pelampung

Pelampung merupakan komponen yang mengambang pada zat cair, khususnya bensin. Pelampung terbuat dari plastik ringan sehingga bisa mengambang di atas bensin.

Komponen ini berfungsi untuk mengatur bahan bakar yang ada di dalam mangkok agar tidak berlebihan. Cara kerjanya dengan menggerakan ujung jarum pelampung agar segera tertutup saat bahan bakar sudah cukup, sehingga mencegah karburator kebanjiran bensin.

7. Katup Gas

Katup gas atau skep memiliki bentuk seperti tabung yang dapat bergerak naik dan turun. Fungsinya adalah untuk mengontrol banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar.

8. Pegas Katup gas

Komponen yang satu ini letaknya ada di atas karburator, tepatnya pada bagian tutup pengatur katup gas karburator motor. Pegas berfungsi mempertahankan katup agar tetap dalam kondisi tertutup ketika tuas gas ditarik. Saat pengendara melakukan deselerasi, maka pegas akan mengembalikan posisi katup.

9. Air Pilot

Air pilot adalah saluran memanjang yang terletak di antara ruang sebelum dan setelah katup gas. Fungsinya adalah untuk menyalurkan udara saat katup gas tertutup rapat (idle).

Output air pilot dapat menyatu dengan saluran pilot jet, sehingga membuat bensin dapat bercampur ketika ada aliran udara melalui air jet secara otomatis. Kemudian, material yang keluar dari saluran pilot jet setelah katup akan berubah menjadi campuran udara dan bahan bakar.

10. Mangkuk Karburator

Mangkuk karburator berperan sebagai penampung bensin yang nantinya akan diantarkan ke venturi. Mangkok ini juga menjadi pelindung bagi komponen di karburator, seperti pelampung dan main jet.

Mangkuk karburator harus menampung bensin dengan baik dan mempertahankan tekanannya agar tetap stabil.

11. Sekrup Penyetel

Komponen yang terakhir adalah sekrup penyetel. Di dalam karburator motor terdapat dua buah sekrup penyetel, yakni sekrup pengatur udara pilot jet dan sekrup gas. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Sekrup pengatur udara pilot jet digunakan untuk menentukan jumlah udara yang bisa masuk saat idle tanpa menggunakan sistem choke. Sementara itu, sekrup gas berfungsi untuk mengatur idle RPM pada mesin karburator.

Itu tadi komponen-komponen pada karburator motor beserta cara kerjanya. Semoga detikers lebih paham!

(ilf/fds)

Membagikan
Exit mobile version