Jumat, Oktober 18


Jakarta

Kiprok adalah salah satu bagian yang kerap diganti ketika memodifikasi sistem kelistrikan motor. Hal ini diperlukan jika membutuhkan aliran listrik lebih besar, seperti untuk lampu dan tambahan speaker.

Yang sering menjadi pilihan adalah kiprok Honda Tiger. Untuk bisa memasangnya, detikers harus mengenal jalur kiprok Tiger dan kode warna soketnya agar tidak salah pasang.

Simak artikel ini untuk mengetahui apa fungsi dari kiprok, kelebihan kiprok Tiger, lengkap dengan jalur kiprok Tiger dan kode warna soketnya.


Fungsi Kiprok

Dikutip dari situs Astra Otoshop, fungsi kiprok pada motor antara lain sebagai berikut:

  • Kiprok mengatur aliran listrik dari generator menuju baterai, sehingga arus listrik lebih stabil. Arus listrik dari generator akan dialihkan melalui kiprok terlebih dahulu sebelum menuju baterai. Dalam hal ini, kiprok penting untuk menjaga kondisi baterai agar terisi dengan baik dan dapat digunakan untuk menyalakan motor.
  • Kiprok mencegah terjadinya kelebihan dan kekurangan tegangan listrik yang masuk ke baterai. Tegangan listrik yang melalui kiprok dapat stabil pada angka 12 volt untuk masuk ke baterai. Angka ini adalah tegangan ideal untuk menjaga performa baterai dan komponen motor lainnya.
  • Kiprok mencegah kerusakan pada komponen elektronik kendaraan akibat tegangan yang tidak stabil. Komponen seperti lampu motor dan klakson akan mudah rusak jika tegangan listriknya tidak stabil.

Kelebihan Kiprok Tiger

Dikutip dari situs dealer resmi Honda Nusantara Surya Sakti (NSS) Group, kiprok Honda Tiger sering digunakan karena memiliki kelebihan dan karakter yang berbeda dari kiprok lain.

Kiprok Tiger dianggap memiliki kualitas dalam mengubah arus listrik agar stabil dan diklaim memiliki arus DC yang lebih besar. Kiprok Tiger sering digunakan pada motor-motor dengan kebutuhan arus besar dan stabil, atau motor yang dimodifikasi pada lampu projie (custom proyektor), speaker dan berbagai aksesoris lainnya.

Kode Warna Jalur Kiprok Tiger

Dalam memasang kiprok Tiger, perlu diperhatikan kode warna soket pada jalur kiprok Tiger. Masing-masing warna kabel memiliki fungsi berbeda. Berikut penjelasannya::

1. Kabel Merah

Kabel merah pada kiprok Tiger berfungsi sebagai jalur positif aki. Bagian ini mendapatkan arus dari spul, lalu mengubah tegangan, dan menyuplai ke baterai. Arus yang mengalir ke kiprok berawal dari sekring atau sekring 10A.

2. Kabel Hitam

Kabel hitam pada kiprok Tiger memiliki fungsi sebagai kabel ground untuk busi atau aki, sehingga jangan dialiri arus listrik.

3. Kabel Cokelat

Kabel cokelat pada jalur kiprok Tiger atau ujung kabel spiral berfungsi untuk menyalakan lampu khusus yang berjalan melalui kiprok dan mengarah langsung ke saklar lampu. Ketika lampu menyala, kabel ini biasanya menghasilkan tegangan 12-14 volt.

4. Kabel Putih

Kabel putih pada kiprok Tiger berfungsi untuk menyalurkan arus dari spul yang masuk ke kiprok. Arus pengisian yang masuk dibatasi sekitar 14,5V untuk mencegah kelebihan tegangan yang dapat merusak komponen.

5. Kabel Hitam di Spul

Terakhir adalah kabel hitam yang dihubungkan dari spul ke ground.

Nah, itulah tadi kode warna pada jalur kiprok Tiger, lengkap dengan fungsi dan kelebihannya. Semoga bermanfaat.

(bai/row)

Membagikan
Exit mobile version