Minggu, Oktober 13

Jakarta

Penghargaan Nobel merupakan salah satu hadiah paling bergengsi secara internasional. Penghargaan yang terdiri dari lima kategori ini dianugerahkan setiap tahunnya kepada mereka yang dinilai telah memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini serba-serbi tentang penghargaan Hadiah Nobel:

Apa Itu Penghargaan Nobel?

Mengutip dari situs Nobel Prize, penghargaan Nobel adalah penghargaan internasional yang diberikan oleh Yayasan Nobel di Stockholm, Swedia, dan didasarkan pada kekayaan Alfred Nobel, penemu dan pengusaha Swedia. Hadiah Nobel dapat diberikan sepenuhnya kepada satu orang, atau dibagi rata antara dua orang, atau dibagi oleh tiga orang.


Secara luas, Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi di dunia. Penghargaan Hadiah Nobel diberikan kepada siapa saja yang dianggap telah menorehkan manfaat paling besar bagi umat manusia. Penghargaan ini diberikan setiap tahunnya.

Kategori Penghargaan Nobel

Ada lima jenis kategori atau bidang penghargaan yang diberikan setiap tahunnya. Penghargaan Nobel diberikan untuk menghormati pencapaian luar biasa di bidang fisika, kimia, fisiologi atau kedokteran, sastra, dan perdamaian. Selain itu, ada juga satu tambahan penghargaan khusus di bidang ilmu ekonomi.

  • Nobel Fisika
    Penghargaan ini telah dianugerahkan sebanyak 118 kali kepada 227 penerima Penghargaan Nobel antara tahun 1901 dan 2024. John Bardeen adalah satu-satunya pemenang yang telah dianugerahi Hadiah Nobel Fisika dua kali, yaitu pada tahun 1956 dan 1972. Ini berarti total 226 orang telah menerima Hadiah Nobel Fisika.
  • Nobel Kimia
    Penghargaan ini telah dianugerahkan sebanyak 116 kali kepada 197 peraih Penghargaan Nobel antara tahun 1901 dan 2024. Frederick Sanger dan Barry Sharpless telah dianugerahi Penghargaan Nobel Kimia sebanyak dua kali. Ini berarti total 195 orang telah menerima Penghargaan Nobel Kimia.
  • Nobel Fisiologi atau Kedokteran
    Penghargaan ini telah dianugerahkan sebanyak 115 kali kepada 229 peraih Penghargaan Nobel antara tahun 1901 dan 2024.
  • Nobel Sastra
    Penghargaan ini telah dianugerahkan sebanyak 117 kali kepada 121 peraih Penghargaan Nobel antara tahun 1901 dan 2024.
  • Nobel Perdamaian
    Penghargaan ini telah dianugerahkan sebanyak 105 kali kepada 142 penerima Penghargaan Nobel antara tahun 1901 dan 2024, yang terdiri dari 111 individu dan 31 organisasi. Sejak Komite Palang Merah Internasional dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian sebanyak tiga kali (pada tahun 1917, 1944, dan 1963), dan Kantor Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian sebanyak dua kali (pada tahun 1954 dan 1981), terdapat 28 organisasi yang pernah dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian.
  • Penghargaan Ilmu Ekonomi
    Penghargaan Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonom untuk Mengenang Alfred Nobel ini telah dianugerahkan sebanyak 55 kali kepada 93 penerima antara tahun 1969 dan 2023.

Antara tahun 1901 dan 2024, Hadiah Nobel dan Hadiah Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel dianugerahkan sebanyak 626 kali kepada 1009 orang dan organisasi. Dengan beberapa orang yang menerima Hadiah Nobel lebih dari satu kali, maka totalnya adalah 973 orang dan 28 organisasi. Di bawah ini, Anda dapat melihat daftar lengkap Hadiah Nobel dan peraih Hadiah Nobel.

Sejarah Penghargaan Nobel

Penghargaan Nobel dimulai ketika seorang penemu, pengusaha, dan pebisnis bernama Alfred Nobel meninggal dunia, dan dalam surat wasiatnya menyatakan bahwa kekayaannya akan digunakan untuk memberikan penghargaan kepada “mereka yang, selama tahun sebelumnya, telah memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia.” Hadiah Nobel akan memberikan penghargaan atas upaya-upaya luar biasa di bidang-bidang yang paling banyak digelutinya selama hidupnya: fisika, kimia, fisiologi atau kedokteran, sastra, dan perdamaian.

Setelah kematiannya, sebuah proses panjang dimulai untuk merealisasikan visi Alfred Nobel tersebut. Penghargaan Nobel pertama kali dianugerahkan pada tahun 1901. Kemudian pada tahun 1969, sebuah penghargaan baru di bidang ilmu ekonomi pun didirikan, bernama Penghargaan Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel. Penambahannya merupakan pengecualian, untuk merayakan ulang tahun keseratus bank sentral Swedia. Pada bulan Oktober setiap tahun, Hadiah Nobel yang baru dan para pemenangnya diumumkan.

Sosok Alfred Nobel (Foto: Britannica)

Simak: Video: Para Pemenang Nobel Ini Khawatir Manusia Kalah dengan AI

[Gambas:Video 20detik]

(wia/imk)

Membagikan
Exit mobile version