Minggu, September 29

Jakarta

Kebutuhan akan laptop canggih berperforma tinggi dan hemat daya kini semakin diminati, terutama dengan hadirnya AI PC yang dilengkapi pengolah AI khusus. Teknologi ini menawarkan keunggulan yang membuat aktivitas harian lebih efisien dibandingkan PC biasa.

Lalu, apa saja kelebihan AI PC dan tips memilihnya? Simak selengkapnya di artikel ini.

Definisi dan Keunggulan AI PC


AI PC adalah perangkat komputasi yang dirancang untuk menangani tugas berbasis Artificial Intelligence (AI) secara cepat dan efisien, di mana telah dilengkapi dengan Neural Processing Unit (NPU) untuk pemrosesan tugas AI secara khusus demi meningkatkan produktivitas melalui otomatisasi dan optimalisasi sistem. Keunggulan AI PC dibandingkan PC biasa terletak pada kemampuannya mengenali pola dan kebiasaan pengguna, yang mengoptimalkan performa sesuai kebutuhan.

Dengan kombinasi CPU, GPU, dan NPU, AI PC dapat menangani tugas berat seperti pengolahan data, desain grafis, dan gaming resolusi tinggi dengan sangat cepat dan akurat. Selain itu, AI PC dapat mengotomatisasi tugas dan menyesuaikan pengaturan perangkat untuk efisiensi daya, serta meningkatkan kualitas pengalaman pengguna dengan interaksi cerdas dari asisten virtual dan kontrol berbasis gerakan yang mempermudah penggunaan sehari-hari.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih AI PC

Saat memilih AI PC, prosesor menjadi komponen utama yang menentukan kemampuan perangkat dalam menangani tugas berbasis AI. AMD Ryzen™ 300 Series adalah prosesor unggulan untuk Next-Gen AI PC, yang dilengkapi teknologi AI terintegrasi pada 3rd Gen AMD Ryzen™. Prosesor terbaru dari AMD ini menggabungkan kekuatan CPU, NPU, dan GPU yang membawa lompatan performa AI lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Dengan NPU yang mampu mencapai hingga 50 TOPS (Tera Operations Per Second), AMD Ryzen™ AI 300 Series tidak hanya memastikan kelancaran dalam pengolahan data, multitasking, pengeditan video, dan rendering grafis, tetapi juga dirancang untuk menangani tugas AI yang jauh lebih kompleks seperti image generation, upscaling resolusi, dan eksekusi Large Language Models (LLM) dengan kecepatan lebih tinggi, detail lebih tajam, responsivitas lebih cepat, dan efisiensi yang luar biasa dalam semua aspek komputasi berbasis AI.

Prosesor ini juga menawarkan efisiensi daya yang lebih tinggi dan unggul dalam berbagai skenario, baik untuk gaming, kreasi konten bagi profesional yang membutuhkan performa tinggi, maupun pekerjaan kantoran. Dengan kemampuan ini, AI PC mampu meningkatkan produktivitas pengguna dalam segala kebutuhan.

Keunggulan AI PC dengan Prosesor AMD Ryzen™ AI 300

Prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series diciptakan untuk meningkatkan efisiensi dalam menjalankan beban kerja AI dengan lebih efektif dan efisien. Kombinasi 3 komponen utama, yaitu CPU, NPU, dan GPU yang tersemat pada AI PC dari AMD bertenagakan prosesor ini memungkinkan pengguna merasakan efektivitas penggunaan laptop secara optimal untuk berbagai kebutuhan komputasi. Berikut penjelasan lengkapnya:

a. CPU

Prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series dilengkapi hingga 12 high-performance cores dan 24 Threads yang mendukung multi-tasking berat dan kinerja aplikasi intensif. Dengan on-chip memory yang 50% lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya, CPU ini memastikan responsivitas tinggi bahkan untuk aplikasi berat. AMD Ryzen™ AI 300 Series juga sudah memiliki dukungan untuk memori LPDDR5 dan DDR5, serta skalabilitas hingga 256GB memastikan fleksibilitas dan performa tinggi dalam berbagai aplikasi.

b. GPU

Telah memiliki grafis terintegrasi AMD Radeon™ 800M Series berarsitektur RDNA™ 3.5 terbaru, dengan spesifikasi hingga 16 Compute Unit dan clock speed hingga 2900 MHz, tentunya dapat mendukung performa grafis yang terbaik di kelasnya untuk AI PC bertenagakan AMD Ryzen™ AI 300 Series. Hal ini memungkinkan pengguna menikmati gaming di atas 60 FPS pada game AAA di resolusi Full HD walau tanpa bantuan grafis diskrit, sekaligus menyediakan performa grafis yang unggul untuk kebutuhan kreasi konten dan rendering video. Dilengkapi juga dengan fitur AMD Fluid Motion Frames 2 serta Variable Graphics Memory (VGM) visual gaming juga menjadi lebih mulus dengan latensi yang rendah.

c. NPU

NPU pada AMD Ryzen™ AI 300 adalah salah satu yang tercepat di kelasnya dengan performa hingga 50 TOPS (Tera Operations Per Second). Spesifikasi ini memungkinkan performa dan kinerja AI yang optimal, seperti pengenalan wajah, asisten virtual, dan aplikasi modern lainnya dengan latensi rendah dan privasi terjaga karena pemrosesan dilakukan secara lokal, dan tentunya mendukung pengalaman paling optimal untuk fitur-fitur Microsoft Copilot+.

AMD Ryzen™ AI 300 Series tidak hanya unggul dalam multitasking sehari-hari dan produktivitas harian pada umumnya seperti menjalankan berbagai aplikasi office, tetapi juga menunjukkan keunggulan dalam multithreaded productivity dan kreasi konten. Di pengujian seperti di Cinebench dan Geekbench AMD Ryzen™️ AI 300 Series pasti bisa mendapatkan skor tinggi dibandingkan prosesor kompetitor.

Konten kreator juga tidak perlu meragukan performa untuk editing dan rendering, karena faktanya, saat ini tidak ada prosesor PC lain yang dapat menandingi kemampuan multithread AMD Ryzen™️.

Siapa yang Membutuhkan AI PC dengan Prosesor AMD Ryzen™ AI 300?

Foto: dok. AMD

Pada dasarnya, Next-Gen AI PC yang dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan kinerja komputasi canggih dengan kemampuan pemrosesan AI modern untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Berikut adalah beberapa kelompok yang paling diuntungkan:

a. Murid hingga Pekerja Kantoran

Penggunaan AI PC pada siswa maupun pekerja kantoran yang membutuhkan efisiensi dan kinerja tinggi akan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas harian mereka. Next-Gen AI PC bertenaga prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series dapat mempercepat proses kerja dengan fitur AI yang membantu menyederhanakan tugas administratif seperti pengaturan jadwal otomatis, pengelolaan dokumen, pengolahan data, pembuatan desain, membantu menyusun email, melakukan riset, membuat presentasi, dan menulis laporan dengan lebih cepat dan efisien, memastikan kinerja komputasi yang optimal setiap hari.

b. Content Creator hingga Entrepreneur

Kreator konten dan pengusaha dapat memanfaatkan Next-Gen AI PC bertenaga AMD Ryzen™ AI 300 Series untuk mempercepat proses editing foto dan video, seperti meningkatkan resolusi otomatis, serta memanfaatkan fitur AI seperti Auto Reframe atau Speech to Text untuk mengoptimalkan workflow di berbagai aplikasi editing yang sudah mendukung AI seperti Topaz dan Adobe Premiere Pro. Dengan GPU terintegrasi AMD Radeon™ 800M Series yang tangguh, AI PC bertenaga AMD Ryzen™ AI 300 Series juga dapat menangani rendering dan editing secara efisien.

c. Gamers dan Streamers

Dengan performa gaming sekelas konsol yang didukung GPU AMD Radeon™ 800M Series, gamers dan streamers bisa merasakan visual yang mulus dengan latensi rendah, memastikan pengalaman bermain tanpa gangguan. Fitur seperti AMD Fluid Motion Frames 2 dan Variable Graphics Memory (VGM) juga semakin memanjakan gamers dan streamers dengan frame rate yang stabil dan alokasi memori grafis sesuai kebutuhan.

Sementara NPU membantu dalam hal multi-tasking memungkinkan gamer melakukan streaming, bermain dan menjalankan aplikasi latar belakang dengan lancar tanpa mengorbankan kinerja saat gaming.

Itulah informasi penting seputar AI PC yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin beralih ke AI PC yang dapat mempermudah beragam pekerjaan, pastikan Anda memilih perangkat dengan prosesor yang tepat untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Next-Gen AI PC dengan prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series menawarkan performa unggul, dengan fitur-fitur AI canggih yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Dengan AMD Ryzen™ AI 300 Series, Anda berkesempatan untuk mendapatkan performa komputasi AI tertinggi untuk berbagai kebutuhan modern terkini, baik untuk produktivitas harian, kreasi konten, hingga pengalaman gaming dengan performa tinggi dan jauh lebih efisien. Apalagi AMDsudah bekerja sama dengan lebih dari 150 mitra untuk dukungan beragam aplikasi AI Next Gen di laptop bertenaga AMD Ryzen™ AI 300 Series, menjadikannya pilihan ideal untuk menghadapi tuntutan teknologi masa kini dan masa depan.

Temukan AMD Ryzen™ AI 300 Series pada berbagai merek keluaran terbaru yang sudah dan akan segera hadir di Indonesia, seperti ASUS ROG Zephyrus G16 (2024) dan , ASUS TUF Gaming A14, Asus TUF Gaming A16, Asus VivoBook S14, dan kedepannya akan menyusul juga varian Asus VivoBook Pro Art, lalu dari Acer akan ada Acer Swift 14 AI, dari MSI akan ada MSI Stealth A16 dan MSI Summit A16 dan dari Lenovo akan hadir dengan Lenovo Yoga PRO 7.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai AMD Ryzen™ AI 300, serta melihat daftar laptop terbaru yang ditenagai oleh prosesor ini, Anda bisa cek di tautan berikut ini.


(Content Promotion/AMD)

Membagikan
Exit mobile version