Kamis, November 14


Jakarta

Banyak cenderamata menarik terdapat di penjuru dunia. Namun, magnet bergambar kerap menjadi sesuatu yang berhasil menarik hati. Lalu, mengapa benda yang kerap menghiasi kulkas di rumah tersebut dapat menjadi magnet juga bagi wisatawan?

Magnet dengan gambar ikon-ikon destinasi wisata berbagai negara kerap ditempel di kulkas. Ternyata penyebab lakunya magnet tersebut bukan sekedar agar dapat ditempel dan dipamerkan, melainkan juga agar tertempel di dalam ingatan.

Penelitian terbaru dari University of Liverpool, yang bekerja sama dengan Bournemouth University, Manchester Metropolitan University, dan Copenhagen Business School mengungkapkan fakta menarik, bahwa magnet kulkas lebih dari sekadar cenderamata yang dipajang.


Hasil penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Manajemen University of Liverpool menyatakan pernak-pernik ini dapat membangkitkan beragam kenangan. Gambar-gambar yang ditunjukkan stiker magnet tersebut dapat meningkatkan suasana hati wisatawan setelah liburan berakhir.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Tourism Research membagikan kesan salah satu peserta penelitian. Ia berkata, “Jika Anda pergi ke suatu tempat, jelas dalam sehari Anda dapat mengambil 50 hingga 100 foto. Sedangkan sekarang saya cenderung tidak mengambil gambar apa pun.”

“Saya hanya mendapatkan magnet kulkas ketika liburan berakhir, dan saya dapat mengingat semuanya dari itu. Berapa banyak orang yang bolak-balik melihat foto lama di ponsel mereka? Anda tidak bisa, kecuali Anda memiliki perangkat elektronik, semacam benda foto yang dapat diletakkan di samping Anda terus-menerus, mengubah gambar setiap hari atau apa pun,” tuturnya.

“Bagi saya, yang bisa melakukannya adalah magnet kulkas,” imbuhnya.

Dari 19 peserta yang diwawancarai, banyak yang mengatakan bahwa mereka teringat liburan mereka setiap kali membuka pintu kulkas.

Beberapa magnet telah melekat dengan kenangan yang lebih menyentuh selama bertahun-tahun, berfungsi sebagai pengingat perjalanan yang dilakukan bersama teman atau anggota keluarga yang telah meninggal.

Dekan Asosiasi di Sekolah Manajemen University of Liverpool, Dr. John Byrom mengatakan, penelitian kampusnya menemukan bahwa magnet kulkas dapat menghidupkan pengalaman liburan di masa lalu yang lebih kuat daripada banyak jenis suvenir wisata lainnya.

“Hanya sedikit penelitian yang dilakukan untuk melihat apa yang terjadi pada suvenir magnet kulkas setelah orang-orang kembali dari liburan, jadi sangat menarik untuk berbicara dengan peserta tentang pengalaman mereka,” ucap Dr. John, melansir situs resmi University of Liverpool.

“Jelas bahwa ketika orang-orang membicarakan tentang arti magnet kulkas bagi mereka, mereka dapat dengan mudah membangkitkan kenangan dan menceritakan tentang peristiwa atau orang-orang yang sangat spesifik,” ungkapnya.

Dr. John mengungkapkan bahwa hal menarik dari magnet kulkas juga bahwa benda tersebut mampu menjadi sarana untuk melupakan hal-hal buruk dalam hidup, membuat seseorang merenungkan bagaimana keadaan menjadi lebih baik.

“Hal tersebut juga termasuk contoh-contoh liburan yang cukup menyentuh yang pernah mereka alami bersama orang-orang tersayang yang telah meninggal dunia atau anak-anak mereka yang telah dewasa dan berpisah dari mereka,” katanya.

________________

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia

(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version