Senin, Juli 8


Donaueschingen

Duel Spanyol vs Jerman di perempat final Euro 2024 bagaikan final yang terlalu dini. Namun penyerang La Furia Roja, Dani Olmo menilai lebih baik bertemu dengan Die Mannschaft lebih cepat ketimbang nanti.

Pertandingan ini akan menjadi reuni Olmo dengan Julian Nagelsmann, pelatih Timnas Jerman yang pernah menanganinya di RB Leipzig. Bahkan pria 36 tahun itulah yang merekrutnya dari Dinamo Zagreb pada Januari 2020.

Olmo masih memperkuat Leipzig hingga kini, sedangkan Nagelsmann sudah pergi sejak 2021 untuk melatih Bayern Munich sebelum ditunjuk menjadi nahkoda Jerman pada September 2023. Meski begitu, rasa hormat Olmo padanya tetap terjaga.


“Kami sudah lama tidak bertemu, sejak [dia berada di] Bayern, dan saya belum berbicara dengannya akhir-akhir ini. Tapi dia mengenalku dengan baik. Dan aku juga mengenalnya dengan baik,” ujar Olmo kepada The Guardian.

“Cara bermainnya sedikit berubah dibandingkan di Leipzig. Di Leipzig kami bermain dengan lima pemain tengah dan wing back, sekarang dia bermain dengan false full-back seperti (Joshua) Kimmich, yang bergerak ke dalam. Dia orangnya fleksibel tapi Anda masih melihat hal serupa dengan apa yang dia lakukan dulu, yaitu filosofinya. Dan Jerman sangat kuat.”

Seperti Spanyol, Jerman juga belum terkalahkan sejauh ini. Performa apik yang ditampilkan kedua tim hingga 16 besar membuat laga ini bak final kepagian. Namun Olmo tak mempermasalahkan hal tersebut.

“Mereka tim yang impresif dan diisi sejumlah pemain hebat,” ujar Olmo, kemudian menyebut sederet nama seperti Kai Havertz, Florian Wirtz, Ilkay Gundogan, Nico Schlotterbeck, Antonio Rudiger, David Raum, Benjamin Henrichs, Toni Kroos, hingga Jamal Musiala.

“Mereka adalah lawan yang tangguh, ini bisa menjadi final. Sampai saat ini, kami belum kalah dan Jerman pun demikian. Di babak 16 besar, usai gol (Denmark) dianulir, mereka melaju dengan nyaman. Angka-angka menunjukkan kami adalah dua tim terbaik sejauh ini.”

“Pada akhirnya, jika Anda ingin mencapai final, Anda harus menghadapi tim terbaik. Tapi saya lebih suka menghadapi mereka sekarang daripada di final. Dan jika Anda ingin menjadi juara, Anda harus mengalahkan Jerman, jadi mari kita coba lakukan,” jelas Olmo.

Spanyol vs Jerman akan digelar di Stuttgart, Jumat (5/7) pukul 23.00 WIB.

(adp/bay)

Membagikan
Exit mobile version