Minggu, Oktober 6


Jakarta

Menderita alergi makan yang ekstrem, wanita ini hanya bisa konsumsi dua jenis makanan selama hidupnya yaitu susu dan oatmeal.

Meski sering dianggap sepele tapi alergi makan tidak bisa dianggap enteng. Karena banyak kasus kematian yang dipicu dari reaksi alergi makanan pada tubuh. Hal ini lah yang membuat Caroline Cray tidak bisa menyantap makanan apapun.

Dilansir dari News Week (01/10), wanita berusia 25 tahun ini belakangan viral di TikTok usai membagikan kisahnya setelah didiagnosa menderita Mast Cell Activation Disorder atau MCAS, yang membuatnya memiliki alergi hampir ke semua jenis makanan.


Lebih jelasnya, MCAS merupakan gangguan multisistem kronis dan berkaitan dengan inflamasi serta alergi. Gejala MCAS berbeda dan tingkat keparahannya pun beragam, tapi biasanya MCAS muncul setelah seseorang makan, mencium aroma tertentu dan lainnya.

Menderta Alergi Ekstrem, Wanita Ini Hanya Bisa Makan Oatmeal dan Susu Foto: Site News

MCAS bisa memicu ruam, gatal dan perdagangan pada sekujur tubuh. Kemudian muntah-muntah, sakit kepala, diare sampai kelelahan.

Caroline sendiri didiagnosa menderita MCAS, ketika baru saja menjadi mahasiswa. Ia tak sengaja makan es krim dan membuatnya mengalami syok anafilaktik yang diakibatkan reaksi alergi.

Sejak dulu Caroline memang memiliki alergi kacang, wijen, mustard dan seafood. Tapi alerginya ini semakin diperparah ketika ia menderita MCAS, kondisi kesehatan yang cukup rumit dan langka sehingga ia kini alergi terhadap semua jenis makanan.

Karenanya Caroline sering dirawat di rumah sakit karena alerginya ini. Kulitnya sering gatal-gatal, kemerahan, sampai sulit bernafas.

“Saya cukup kecewa karena tidak bisa seperti yang lain. Saya merasa asing di tubuh saya sendiri,” ungkap Caroline.

Menderta Alergi Ekstrem, Wanita Ini Hanya Bisa Makan Oatmeal dan Susu Foto: Site News

Kini Caroline hanya bisa makan oatmeal, juga formula atau susu untuk bayi yang dirancang khusus untuk orang yang memiliki alergi. Jika sedang pergi ke kafe atau restoran, Caroline hanya bisa memesan air putih, itu pun harus dia minum dari botolnya langsung untuk menghindari resiko botol minum atau gelas sudah terkontaminasi.

Meski awalnya sulit beradaptasi dengan dua makanan saja, tapi kini Caroline sudah lebih menerima kondisi tubuhnya dan membagikan perjuangannya ini lewat TikTok.

Banyak penderita MCAS di TikTok yang memberikannya dukungan dan banyak juga yang tersentuh dengan kisah Caroline yang hanya bisa makan dua jenis makanan saja.

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version