Minggu, Oktober 13


Denver

Tur tambang emas di Colorado menjadi malapetaka bagi turis. Lift tambang yang membawa mereka ke bawah tanah rusak, sehingga mereka terjebak di sana.

Dikutip dari ABC, 12 turis dibawa turun dengan lift menuju area Tambang Emas Millie Kathleen di negara bagian Colorado, AS pada hari Kamis. Kelompok yang berjumlah 12 orang ini awalnya turun tanpa mengalami masalah.

Pada kedalaman 150 meter, lift mulai rusak. Mereka terjun sampai ke kedalaman 300 meter di bawah tanah.


Satu orang meninggal, sementara empat orang lainnya menderita luka ringan. Di antara mereka terdapat dua orang anak-anak.

Para pejabat mengatakan lift yang turun ke tambang emas mengalami masalah mekanis sekitar 500 kaki di bawah permukaan, sehingga menimbulkan bahaya serius bagi para peserta.

“Ada masalah lift yang harus diselesaikan sebelum mereka dapat dibawa ke atas,” kata Sheriff Mikesell.

Menurut situs web perusahaan tur, tur selama satu jam ini membawa pengunjung ke bawah terowongan sejauh 1.000 kaki (305 m) ke sisi barat daya Pikes Peak.

Tim penyelamat menggunakan radio untuk berkomunikasi dengan 12 orang lainnya yang terjebak di dekat dasar tambang.

“Mereka memiliki kursi, selimut, air, dan berada pada suhu yang aman,” kata Sheriff Mikesell kepada BBC.

“Ini terjadi karena kerusakan peralatan. Tambang tidak runtuh.”

Penyelamatan dilakukan selama beberapa jam. Pihak berwenang menyediakan makanan berupa pizza dan memberi tahu mereka soal masalah yang terjadi.

“Saya lega bahwa 12 orang yang terjebak di Tambang Mollie Kathleen telah diselamatkan dengan selamat,” ujar Gubernur Jared Polis.

Menurut situs web perusahaan tur tersebut, pengunjung yang memasuki tambang emas tahun 1890-an itu dibawa dengan lift, lengkap dengan suara mesin pertambangan.

Pendapatan dari tur tersebut digunakan untuk “menjaga tambang dalam kondisi aman untuk dioperasikan.

Di TripAdvisor, beberapa orang menggambarkan lift itu sebagai “kandang” penambang. Postingan tersebut, yang tidak dapat diverifikasi oleh BBC, mengatakan bahwa kondisinya bisa sangat sempit dan sesak.

William Snare, mantan operator kerekan di tambang tersebut mengatakan bahwa lift tersebut dapat mengangkut sembilan hingga 15 orang. Ia mengatakan butuh waktu dua menit untuk turun, dan empat hingga lima menit untuk kembali ke permukaan.

Tambang tersebut diberi nama Mollie Kathleen Gortner, wanita pertama di Cripple Creek Gold Camp yang menemukan emas pada tahun 1891. Tur tersebut akan ditutup pada hari Minggu ini untuk musim tersebut.

(bnl/wsw)

Membagikan
Exit mobile version