Minggu, Oktober 13

Jakarta

Dalam hitungan jam, perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 akan dimulai. Sesi keynote akan menjadi pembuka ajang tahun tersebut dengan beberapa pengumuman penting.

Keynote WWDC 2024 akan digelar pada Selasa dini hari (11/6/2024) pukul 00.00 WIB. Kamu bisa menonton secara online sesi ini lewat situs maupun channel YouTube.

Seperti yang sudah-sudah, Apple biasanya mengumumkan pembaruan sistem operasi perangkatnya, mulai dari iOS 18, iPadOS 18, macOS 15, tvOS 18, WatchOS 2 dan visionOS 2. Lebih menarik menariknya lagi akan ada pengumuman soal fitur kecerdasan buatan alias AI.


Berikut prediksi apa saja yang diumumkan di keynote WWDC:

1. Kecerdasan Buatan

AI hadir di banyak aplikasi dan fitur dalam ekosistem iOS, iPadOS, dan macOS. Apple juga dapat mengalihdayakan beberapa pemrosesan AI-nya ke cloud melalui OpenAI.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, raksasa teknologi asal Cupertino ini menjuluki AI miliknya dengan nama ‘Apple Intelligence’ (AI), Namun untuk menyicipinya fitur AI memerlukan iPhone 15 Pro atau yang lebih baru.

Berikut fitur AI yang akan dihadirkan Apple dan penggunaannya seperti dilansir dari Macrumors:

  • Retouching foto, seperti penghapusan objek yang tidak diinginkan.
  • Transkripsi memo suara.
  • Balasan yang disarankan untuk email dan pesan.
  • Emoji kustom yang dibuat secara otomatis berdasarkan konten pesan pengguna.
  • Smart recap untuk notifikasi dan pesan yang tidak terjawab.
  • Pencarian web Safari yang ditingkatkan dan pencarian yang lebih cepat di Spotlight.
  • Daftar putar Apple Music yang dibuat secara otomatis berdasarkan masukan dari pengguna, seperti suasana hati.
  • Penulisan dengan bantuan AI di Pages.
  • Pembuatan dek slide dengan bantuan AI di Keynote.
  • Penulisan kode AI di Xcode untuk pengembang.
  • Peningkatan Siri yang mengintegrasikan model bahasa besar (LLM), seperti kemampuan percakapan alami dan personalisasi pengguna yang ditingkatkan.

2. Perubahan Tampilan

OS 18 akan mencakup beberapa perubahan desain, mungkin mengadopsi beberapa isyarat desain dari visionOS, tetapi tidak akan menerima perombakan total. Pembaruan ini diharapkan menampilkan Layar Beranda Home Screen yang lebih dapat disesuaikan, memberi pengguna lebih banyak pilihan untuk tampilan iPhone.

Apple berencana untuk memberi pelanggan lebih banyak kontrol atas bagaimana ikon aplikasi mereka diatur dan warna masing-masing ikon. Ikon aplikasi diharapkan tetap terkunci ke kisi tak terlihat untuk tujuan organisasi, tetapi pembaruan dapat menambahkan opsi untuk membuat spasi, baris, dan kolom kosong di antara ikon aplikasi.

iOS 18 diharapkan menyertakan pembaruan untuk beberapa aplikasi bawaan, termasuk Catatan, Mail, Foto, dan Kebugaran. Aplikasi Foto diharapkan memiliki integrasi AI baru untuk mengedit, Apple Music akan mendapatkan daftar putar yang dibuat secara otomatis.

Kalender akan memiliki integrasi yang lebih baik untuk Pengingat, dan aplikasi Apple Maps dapat memperoleh fitur baru seperti dukungan untuk peta topografi dan opsi untuk menyimpan rute khusus sebagai alternatif untuk rute yang dipilih sebelumnya yang ditawarkan peta saat menentukan arah.

Apple akan memperkenalkan RCS untuk aplikasi Pesan di iOS 18, meningkatkan percakapan antara pengguna iPhone dan Android. Mengirim foto dan video ke pengguna Android dari iPhone tidak akan lagi menghasilkan kesalahan, dan obrolan grup akan memiliki kinerja yang lebih baik. Fitur seperti reaksi emoji lintas platform, tanda terima baca, dan indikator pengetikan real-time juga akan ditambahkan.

Ada pula Passwords App untuk mengelola kata sandi, menggantikan fitur iCloud Keychain. Control Center bakal diubah interface untuk mengatur ulang tombol pintasan dan beberapa halaman, dengan widget musik dan kontrol rumah pintar yang diperbarui.

Antarmuka Siri di WatchOS bakal diperbarui dengan pemformatan respons berdasarkan kueri dan perubahan besar pada app utama seperti Kebugaran. visionOS 2 bakal menyertakan lingkungan baru dan aplikasi Passwords.

Simak Video “Fitur Baru macOS Sequoia, iPhone Mirroring hingga Game Baru
[Gambas:Video 20detik]

(afr/fay)

Membagikan
Exit mobile version