Selasa, Maret 4


Jakarta

Mitsubishi Xpander Hybrid sudah sangat dekat dengan Indonesia. Namun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) masih menunggu ‘hilal’ atau kepastian tanggal mobil ini untuk hadir di Tanah Air.

Atsushi Kurita selaku President Director MMKSI mengatakan bahwa sejak dirinya bertugas di sini, ia sudah mendapat pertanyaan akan kapan Xpander Hybrid dibawa ke Indonesia.

“Saya sampai di Indonesia setahun yang lalu, saat itu kayaknya saya dapat pertanyaan itu (kapan Xpander Hybrid di bawa ke Indonesia?),” buka Kurita.


Menurutnya, tak hanya Xpander Hybrid, Mitsubishi juga sedang menyiapkan XForce dengan mesin hybrid. Namun demikian, di pasar ASEAN mobil ramah lingkungan Mitsubishi itu lebih dulu dijual di Thailand. Alasan mereka memilih Thailand sebagai ‘rumah’ dari model elektrifikasi mereka adalah karena berbagai keuntungan yang didapat dari pemerintah setempat.

“Sebenarnya di Thailand sudah diluncurkan Xpander Hybrid dan juga XForce sudah ada rencana untuk versi hybrid segera. Di Thailand ada beberapa kebijakan yang menguntungkan mobil hybrid. Sangat kompetitif dibanding mobil biasa. Kami akan melihat progres mobil hybrid di Indonesia,” ungkap Kurita.

Lantas saat ditanya soal kapan tepatnya Mitsubishi Xpander Hybrid hadir di Indonesia, MMKSI menjawab mereka saat ini sangat siap untuk menghadirkan mobil tersebut. Namun masih menunggu perkembangan mobil hybrid di Indonesia serta lampu hijau dari prinsipal.

“Kapan kami akan bawa ke Indonesia? Tergantung dari perkembangan mobil hybrid. Saya tidak bisa katakan sekarang kapan bisa dibawa, setidaknya saya bisa katakan secara teknis kami menunggu arahan dari prinsipal dan permintaan dari masyarakat Indonesia. Mitsubishi intinya sudah siap dengan hybrid. Hanya menunggu kapan waktu yang tepat,” tegasnya.

Perlu diketahui Mitsubishi Xpander hybrid dan Xpander Cross hybrid menggunakan mesin baru. Tidak lagi pakai mesin 1.500 cc, versi hybrid-nya memanfaatkan mesin 1.600 cc yang dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai.

Mesin MIVEC4 16-katup 1.6 L DOHC yang baru dikembangkan mengadopsi siklus rasio ekspansi tinggi atau Atkinson Cycle untuk mencapai tingkat efisiensi pembakaran yang lebih tinggi. Mesin itu juga menggunakan water pump elektrik yang pertama kali digunakan Mitsubishi Motors untuk mengurangi mechanical loss.

Diklaim, Xpander Hybrid ini lebih irit sekitar 34 persen saat berkendara di perkotaan dalam prosedur pengujian New European Driving Cycle (NEDC), sekitar 15 persen saat berkendara di perkotaan dan rute kombinasi.

Sistem hybrid-nya menggunakan baterai 1,1 kWh yang dikombinasikan dengan transmisi e-CVT. Tenaga disalurkan ke roda depan. Akselerasi dari 0-100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 9,7 detik. Konsumsi bahan bakar rata-ratanya mencapai 19,2 km/liter.

Simak Video “Tes Lengkap Mitsubishi XFORCE: Harganya ‘Tinggi’, Apa Kelebihan Mobil Ini?
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/dry)

Membagikan
Exit mobile version