Minggu, Juni 30


Jakarta

Generasi emas Timnas Belgia sudah mencapai pijakan terakhirnya. Akankah Kevin De Bruyne dkk mencatatkan pencapaian manis di Euro 2024 ini?

Timnas Belgia masih dihuni para pemain berlabel ‘generasi emas’. Mereka adalah para pemain bintang dalam setidaknya tujuh tahun terakhir, namun kini sudah berusia di atas 30 tahun.

Para pemain tersebut yang ikut dalam gelaran Euro 2024 adalah Jan Vertonghen (37 tahun), Kevin De Bruyne (32 tahun), Axel Witsel (35 tahun), dan Romelu Lukaku (31 tahun).


Thibaut Courtois (32 tahun) tidak ikut karena baru pulih dari cedera. Eden Hazard (32 tahun) sudah pensiun dari Timnas Belgia sejak Maret tahun 2023.

Belgia tersandung di awal Euro 2024. Di laga pertama kontra Slovakia di Grup E, mereka kalah 0-1. Selanjutnya Red Devils akan hadapi Rumania pada Minggu (23/6) pukul 02.00 WIB dini hari.

Dilansir dari CBS Sport, generasi emas Belgia sempat membawa timnasnya duduki peringkat pertama ranking FIFA selama tiga tahun. Meski pun, belum ada trofi yang mereka dapatkan!

Prestasi tertingginya adalah finis sebagai tim peringkat ketiga terbaik di Piala Dunia 2018.

Para generasi emas Timnas Belgia dengan medali tim terbaik peringkat ketiga World Cup 2018 (Foto: Getty Images)

Setelah itu, Lukaku dkk tidak pernah lagi mencapai babak puncak. Di UEFA Nations League mereka tak berdaya lewati fase grup.

Kemudian di Euro 2020, Belgia finis di perempatfinal. Kemudian pada Piala Dunia 2022, Belgia terdepak di fase grup.

Bisa sejauh apa, mereka di Euro 2024 ini?

(aff/yna)

Membagikan
Exit mobile version