Senin, Oktober 7

Jakarta

Seorang pengguna iPhone 4s akhirnya berhasil membuka kunci ponselnya yang terkunci selama hampir satu dekade. Kisah ini dialami oleh seorang wanita muda di Provinsi Jiangsu, China.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial China, wanita tersebut menjelaskan bahwa ia tidak mengetahui siapa yang mengunci ponselnya pada tahun 2015. Pada saat itu, ponselnya menampilkan pesan bahwa ponsel akan terbuka dalam 80.000 jam.

“Saya berpikir, bukankah itu sepuluh tahun? Jadi saya memutuskan untuk mengganti ponsel saya saat itu. Namun, baru-baru ini saya teringat akan hal ini,” ujarnya.


Untuk mencoba menghidupkan kembali ponselnya, ia membeli kabel pengisi daya baru dan mencoba mengisi daya ponsel tersebut. Wanita tersebut berharap penantiannya akan berakhir. Namun, saat ia memeriksa, masih terlihat pesan ‘288 menit’.

Dalam videonya, terlihat jelas pesan tersebut. Ia berseru, “Masih ada empat jam lagi sebelum saya bisa membuka kunci ponsel yang terkunci selama sepuluh tahun ini! Benarkah ini? Apakah Anda tidak berbohong kepada saya? Kita akan tahu dalam empat jam lagi.”

Empat jam kemudian, wanita tersebut mengunggah video lanjutan yang menunjukkan bahwa waktu tunggu akhirnya habis. Beruntungnya, ia masih ingat kata sandi ponselnya, dan setelah memasukkannya, ponsel tersebut berhasil dibuka.

Video tersebut menunjukkan alasan mengapa ia tidak melakukan reset pabrik pada ponselnya. Rupanya, ada video kucing kesayangannya yang sudah meninggal tersimpan di sana.

“Alasan saya tidak pernah menghapusnya dan menunggu selama ini adalah karena saya tidak tega kehilangan data tersebut. Sepuluh tahun! Sungguh menakjubkan!” seru wanita tersebut.

Wanita itu kemudian membagikan tampilan ponsel tersebut saat sedang digunakan, memperlihatkan suara pengisian daya yang khas dari iPhone 4s serta tata letak aplikasi yang sudah ketinggalan zaman. Ponsel itu masih menggunakan iOS 6 dan memiliki kapasitas penyimpanan 16GB.

Jika Anda berpikir situasi ini tidak biasa, sebenarnya hal ini bisa terjadi pada iPhone model lama. Di forum Dukungan Apple, ada laporan dari seorang pengguna yang mengatakan bahwa iPhone mereka terkunci selama 50 tahun. Hal serupa juga terjadi di forum 9to5Mac, di mana ada iPhone yang dinonaktifkan selama ‘23.614.974 menit’ atau sekitar 45 tahun.

Dalam kasus-kasus seperti ini, satu-satunya solusi adalah menghapus seluruh data di ponsel dan melakukan reset pabrik, kecuali Anda bersedia menunggu selama bertahun-tahun.

*Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version