Rabu, Oktober 9

Jakarta

Beberapa jenis hewan dikategorikan sebagai hewan tercerdas di dunia. Hewan-hewan cerdas tersebut pun diklaim mampu pecahkan teka-teki hingga punya ingatan kuat.

Dalam sejumlah penelitian mengungkap tidak hanya simpanse yang memiliki kecerdasan. Ternyata beberapa jenis hewan memiliki kecerdasan sebagaimana halnya manusia. Walau tidak ada pengukuran IQ karena kendala teknis, satwa-satwa ini memiliki beragam kecerdasan.

Perbandingan kecerdasan hewan sering dilakukan melalui eksperimen yang menguji kemampuan yang mirip dengan manusia. Pendekatan ini tidak selalu mempertimbangkan kemampuan bertahan hidup hewan tersebut.


Berikut ini dilansir detikINET dari BBC Science Focus, Rabu (12/6/2024) daftar 10 hewan tercerdas menurut hasil penelitian ilmiah:

1. Simpanse

Simpanse. Foto: BBC Karangan Khas

Simpanse dan bonobo adalah primata dengan kecerdasan tinggi dan struktur sosial yang rumit. Hal tersebut tentu tidak mengherankan, karena 98,7 persen DNA mereka mirip dengan manusia.

Royal Zoological Society of Antwerp menemukan bahwa bonobo ternyata diketahui lebih baik dalam memecahkan teka-teki daripada simpanse yang mengalahkannya dalam tes kecerdasan. Akan tetapi, hal tersebut bisa jadi disebabkan karena kegigihan dari satu bonobo tertentu.

Ahli biologi perilaku Jeroen Stevens mencatat bahwa meskipun kebanyakan bonobo dan simpanse memahami teka-teki, mereka tidak memiliki motivasi yang sama untuk menyelesaikannya.

2. Lumba-Lumba

Ilustrasi lumba-lumba Foto: Getty Images/iStockphoto/Ig0rZh

Lumba-lumba adalah hewan yang cepat belajar, mampu meniru perilaku manusia, memecahkan masalah, mengajar lumba-lumba lain, dan menunjukkan kesadaran diri. Dengan otak yang lebih besar dari manusia, mereka dapat menemukan lokasi objek menggunakan suara melalui ekolokasi.

Selain itu, lumba-lumba memiliki sistem komunikasi yang sangat canggih. Beberapa spesies bahkan dapat menggunakan peluit yang berfungsi sebagai nama untuk saling mengenali satu sama lain.

3. Gurita

Gurita Foto: (dok. Jakarta Aquarium)

Gurita, yang sering disebut sebagai ‘Houdini’ berlengan delapan di dunia hewan tersebut, memiliki kemampuan luar biasa untuk melarikan diri dari tempat kurungan. Mereka dapat menemukan cara untuk keluar dari tangki, menunjukkan kecerdasan dan tingkat kewaspadaan yang tinggi.

4. Anjing

Anjing lucu dan menggemaskan. Foto: Anindyadevi Aurellia/detikcom/wikimedia commons.

Anjing adalah hewan peliharaan yang dapat mengkomunikasikan keinginannya kepada pemiliknya dan memanipulasi mereka untuk mendapatkan yang diinginkannya. Penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa anjing memiliki jumlah neuron di korteks serebral dua kali lipat dibandingkan kucing, membuat mereka lebih mudah dilatih.

5. Orangutan

Orangutan (Dok. YIARI)

Orangutan memiliki otak yang sangat cerdas, mampu mengkomunikasikan informasi tentang peristiwa masa lalu atau masa depan seperti manusia. Penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa bayi orangutan sumatera menunda panggilan bahaya hingga 20 menit setelah melihat predator, sehingga tidak terdeteksi, sekaligus mengajari bayi mereka tentang bahaya predator tersebut.

6. Burung Gagak

Burung Gagak. Foto: Oddity Central/Tokyo-np

Burung gagak menunjukkan bahwa kecerdasan tidak ditentukan oleh ukuran otak, tetapi oleh bagaimana otak tersebut digunakan. Mereka belajar dengan cepat, dan penelitian menunjukkan bahwa gagak berusia empat bulan bisa sama pintarnya dengan kera dewasa.

Selain itu, gagak memiliki ingatan yang luar biasa, mampu mengenali wajah manusia, dan bahkan dapat mengidentifikasi orang tertentu sebagai teman atau musuh.

7. Burung Beo Abu-Abu Afrika

Burung Beo Abu-abu Afrika bersama seekor kucing Foto: Instagram @quitathekitty

Burung beo abu-abu Afrika dikenal sebagai peniru ulung yang memahami kata-kata dan melakukan tugas kognitif melebihi anak usia 5 tahun. Pada penelitian tahun 2019, burung beo bernama Griffin berhasil menemukan kacang tersembunyi dengan menyimpulkan dari cangkir yang terlihat kosong.

8. Lebah

Ilustrasi lebah Foto: Getty Images/iStockphoto/Robby_Holmwood

Lebah dianggap sebagai serangga paling cerdas di dunia karena kemampuan mereka memecahkan teka-teki dan kemampuan navigasi yang luar biasa. Mereka dapat menentukan rute optimal setelah beberapa kunjungan saja dan mampu membuat gambaran mental objek seperti manusia, serta mengkomunikasikan pengenalan objek melalui indra mereka.

9. Gorilla

Gorila di Ragunan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/Spt. Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S

Gorila dapat dilatih untuk berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat bersamaan dengan simpanse, bonobo, dan orangutan. Koko yang merupakan gorila terkenal bahkan diketahui telah memahami 2.000 kata bahasa Inggris lisan dan bahkan menguasai lebih dari 1.000 isyarat tangan.

10. Manusia

Seorang wanita tersenyum. Foto: thinkstock

Yang terakhir bukan hewan, melainkan manusia itu sendiri. Ada pandangan yang menyatakan bahwa manusia memiliki kecerdasan yang jauh lebih superior daripada hewan. Manusia sering dianggap dekat dengan monyet berdasarkan kemiripan genetik dan interpretasi awal teori evolusi Charles Darwin.

Manusia dan hewan seperti kera dan monyet termasuk dalam jenis primata, sebuah ordo dalam kelas mamalia. Menurut situs American Museum of Natural History, keduanya memiliki kemiripan.

Karena termasuk primata, DNA manusia memiliki kesamaan sekitar 96 persen dengan spesies primata lainnya yang merupakan kerabat terjauhnya. Sedangkan, tingkat kesamaan DNA dengan kerabat terdekat seperti simpanse dan bonobo mencapai 99 persen.

*Artikel ini ditulis oleh Mohammad Frizki Pratama, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Simak Video “Penampakan Ratusan Lumba-lumba di Perairan Banyuwangi
[Gambas:Video 20detik]

(fay/rns)

Membagikan
Exit mobile version