Minggu, Juni 30


Jakarta

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melakukan peluncuran awal (soft launching) SMK Asy-Syarif Mitra Industri. Ia menyambut baik pendirian sekolah kejuruan di Mojokerto, Jawa Timur, yang telah melakukan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri ini.

“Mudah-mudahan sekolah ini bener-bener menjadi the real vocational school, ini yang kita harapkan,” ungkap Ida dalam keterangan tertulis, Minggu (23/6/2024).

Dalam acara peluncuran awal pada Sabtu (22/6) lalu, SMK Asy-Syarif Mitra Industri membuka pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025 dengan dua kejuruan, yaitu kejuruan ototronik dan mekatronik.


Ketua Yayasan Industri Mandiri Darwoto mendukung kehadiran SMK Asy-Syarif Mitra Industri ini. Ia menambahkan Kadin, Apindo, dan Himpunan Kawasan Industri Jawa Timur turut memberi dukungan terhadap pihaknya.

“Tentu kalau dunia usaha dan dunia industri sudah cawe-cawe terkait dengan sekolah vokasi, pasti hasilnya sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri itu sendiri,” ujar Darwoto.

Ia menambahkan kurikulum yang diterapkan di SMK Asy-Syarif Mitra Industri tetap memakai Kurikulum Merdeka Kemendikbudristekdikti sebagai bahan dasar.

“Jadi kurikulum nasional yang dibakukan oleh Kementerian Pendidikan itu menjadi basic, tetapi pengembangan disesuaikan dengan kebutuhan dari dunia industri itu sendiri, sehingga sekolah betul-betul terhadap perkembangan keterampilan yang dibutuhkan dunia industri,” tandasnya.

Simak juga Video ‘Menaker: Buruh Tuntut Upah Naik, Kami Tuntut Tingkatkan Kompetensi’:

[Gambas:Video 20detik]

(akd/ega)

Membagikan
Exit mobile version