Kamis, Oktober 3

Jakarta

Smartphone yang lemot atau nge-lag seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan. Terlebih jika sedang digunakan untuk bekerja atau sekadar bermain. Smartphone yang lemot bisa disebabkan karena banyak faktor.

Berbagai cara pun dilakukan, untuk mengatasi smartphone yang lemot atau nge-lag, salah satunya dengan membersihkan file sampah pada memori smartphone kamu. Untuk itu, kamu perlu pintar dalam melakukan manajemen memori agar performa ponsel pintar bisa tetap optimal.

Berikut beberapa cara mengatasi memori penuh di smartphone Android.


1. Hapus Cache

Cache adalah file sementara yang tersimpan di memori ketika menjalankan aplikasi. Semakin sering menjalankan aplikasi, maka file cache juga semakin besar. Berikut cara menghapus cache di smartphone Android kamu :

– Buka ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’

– Pilih ‘Apps’

– Cari aplikasi yang ingin dihapus cache-nya

– Pilih ‘Storage’, lalu pilih ‘Clear cache’.

2. Gunakan Aplikasi Pembersih

Cara mengatasi memori penuh di smartphone Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih. Aplikasi pembersih ini sudah terdapat pada smartphone kamu.

Kamu dapat menggunakan aplikasi pembersih yang sudah tersedia di smartphone kamu atau dapat men-download aplikasi pembersih dari pihak ketiga.

Langkah yang pertama, buka aplikasi pembersih lalu secara otomatis ponsel akan melakukan pemindaian untuk mengidentifikasi cache files, memori yang tidak terpakai, residu aplikasi, dan elemen-elemen lain yang dapat dihapus.

Setelah pemindaian selesai, Kamu akan diberikan opsi untuk membersihkan (clean up) file sampah yang telah teridentifikasi. Dengan memilih opsi ini, ponsel akan menghapus file-file yang tidak diperlukan, membantu mengoptimalkan ruang penyimpanan dan mempercepat kinerja perangkat Anda.

3. Hapus File yang Sudah Tidak Digunakan

Berikutnya, cara membersihkan memori smartphone Android adalah menghapus file besar yang sudah tak penting atau tidak digunakan. Kamu bisa menghapus satu per satu di tempat penyimpanan.

Atau bisa juga menggunakan fitur bawaan pada beberapa merek smartphone yang dapat menganalisis ruang penyimpanan. Pilih fitur pencarian file besar agar semua file berukuran besar muncul. Pilih file yang sudah tidak digunakan dan hapuslah.

4. Matikan Fitur Download Otomatis

Dengan perkembangan aplikasi yang semakin pesat dan bervariasi, salah satunya aplikasi yang tengah trend dan memiliki jumlah ukuran file yang besar. Tak jarang, aplikasi-aplikasi tersebut terunduh secara otomatis pada aplikasi Google Play Store.

Kamu dapat menonaktifkan fitur download otomatis, guna menghindari aplikasi yang dirasa tidak diperlukan. Ini bertujuan untuk mengurangi tumpukan file yang tidak perlu di perangkat Anda.

5. Gunakan Google One

Tips terakhir untuk mengatasi memori smartphone Android penuh dengan menggunakan layanan penyimpanan tambahan, salah satunya Google One. Penggunaan penyimpanan Google One bisa menjadi solusi untuk masalah memori di ponsel.

Google One, sebagai layanan penyimpanan cloud dari Google, menawarkan penyimpanan lebih besar yang dapat mendukung dan memaksimalkan produktivitas kerja.

Memori HP Android Penuh? Lakukan 5 Tips Ini agar Bebas Lemot Foto: DANA

Tertarik menggunakan Google One? Kini kamu bisa mendapatkan bonus penyimpanan di Google One sampai dengan 200 GB secara cuma-cuma. Caranya, cukup sambungkan akun DANA ke Google Play dengan cara berikut:

1. Masuk ke profilmu di Google Play.

2. Pilih Kelola Metode Pembayaran, lalu tap Tambah Metode Pembayaran.

3. Pilih DANA & ikuti langkah seterusnya.

Mudah sekali, bukan? Yuk segera download aplikasi DANA sekarang juga. Pastikan juga untuk sambungkan akun DANA kamu ke Google Play untuk mendapatkan free trial Google One hingga 200GB.


(anl/ega)

Membagikan
Exit mobile version