Minggu, Oktober 6


Jakarta

Ketika hendak bepergian jauh menggunakan kereta kelas ekonomi, traveler tentunya perlu terlebih dahulu melakukan pemesanan tiket. Saat memesan tiket, biasanya akan ditemukan kode C, CA, CB, CC, P, Q, maupun S.

Namun, ada sebagian orang yang masih bingung dengan kode-kode tersebut. Lantaran tiket masing-masing kode punya tarif yang berbeda. Lantas, apa perbedaan masing-masing kode C, CA, CB, CC, P, Q, dan S di tiket kereta ekonomi?

Arti Kode Kursi Kereta Ekonomi Jarak Jauh

Berdasarkan informasi dari contact center KAI, kode huruf berupa C, CA, CB, CC, P, Q, dan S menunjukkan subkelas dari kelas kereta ekonomi. Tiap-tiap subkelas mempunyai tarif berbeda antara satu sama lainnya.


“Pada KA kelas ekonomi terdapat subclass C, CA, CB, CC, P, Q, dan S. Beberapa subclass menunjukkan opsi tarif berbeda di hari-hari tertentu,” jelas contact center KAI, saat dihubungi detikcom (5/7/2024).

Menurut KAI, tarif antar subkelas dapat berbeda di waktu-waktu tertentu. Pembagian subkelas ditujukan untuk memberikan opsi kepada penumpang agar dapat memilih tarif terjangkau ketika memesan tiket sedari jauh-jauh hari.

“Hal tersebut memberikan kesempatan kepada pelanggan agar dapat memilih tarif yang diinginkan saat melakukan pemesanan (tiket kelas ekonomi) jauh hari,” lanjutnya.

Dengan skema ini, traveler yang memesan tiket kereta ekonomi lebih awal sejak ticketing mulai dibuka akan diuntungkan. Sebab dapat memilih opsi tiket dengan harga lebih murah untuk kereta ekonomi tujuan sama.

Sementara penumpang yang memesan tiket akhir-akhir atau dekat dengan waktu keberangkatan, bisa tidak memperoleh opsi tiket murah karena sudah tersisa sedikit atau telah habis. Namun selama kuota tiketnya masih tersedia, traveler tetap dapat memesannya.

Sebagai contoh, tim detikcom coba melihat harga tiket ekonomi KA Sawunggalih rute Pasar Senen – Cirebon untuk keberangkatan 31 Juli 2024 melalui aplikasi KAI Access. Tiket kursi ekonomi CC seharga Rp 225.000, kursi CB Rp 210.000, dan kursi CA Rp 200.000.

Sementara harga tiket kursi ekonomi C dibanderol Rp 195.000, kursi P Rp 185.000, kursi Q Rp 180.000, dan kursi S seharga Rp 170.000.

Kode huruf C, CA, CB, CC, P, Q, dan S pada kursi kereta ekonomi. Foto: Tangkapan layar dari aplikasi KAI Access

Dari foto terlihat jumlah kuota tersisa dan kursi kereta ekonomi yang tersedia. Selagi keterangannya tidak tertulis “habis” maka opsi tiket yang ada masih dapat dipesan.

Adakah Perbedaan Layanan yang Ditawarkan?

Dijelaskan bahwa tiap-tiap subkelas C, CA, CB, CC, P, Q, dan S tidak menawarkan fasilitas maupun jenis kursi yang berbeda. Sehingga penumpang satu dan lainnya akan menerima layanan yang setara selama masih di kereta ekonomi yang sama.

“Pada masing-masing subclass (kereta ekonomi) tidak ada perbedaan fasilitas, layanan, dan jenis kursi ya,” ungkap contact center KAI.

Di samping memperoleh harga termurah, ada keuntungan lain saat memesan tiket kereta ekonomi lebih awal. Traveler dapat memilih letak kursi dan gerbong yang diinginkan. Seperti memilih kursi di pinggir jendela atau menghindari kursi dekat pintu keluar masuk yang menjadi akses bolak-balik penumpang.

Nah, itu tadi penjelasan tentang kode C, CA, CB, CC, P, Q, dan S pada kursi kereta ekonomi. Jadi kalau traveler mau dapat tiket murah dan letak kursi sesuai keinginan, bisa pesan tiket kereta ekonomi dari jauh-jauh hari.

(azn/row)

Membagikan
Exit mobile version