Jumat, Oktober 4


Blora

Bunga tabebuya yang sedang bermekaran tak hanya ada di Jakarta saja. Di Blora, Jawa Tengah, deretan bunga itu juga makin mempercantik jalanan di sana.

Tabebuya tampak bermekaran di sejumlah trotoar di Blora. Bunga-bunga itu mempercantik pemandangan di Blora.

Pohon tabebuya yang bermekaran itu tampak menghiasi Jalan Dr. Sutomo, Jl Gunandar, Jl Gunung Lawu, Jl Sumodarsono, Jl. Arumdalu, Jl Tentara Pelajar, Jl Gunung Sindoro, hingga Jl GOR Mustika.


Warna bunga Tabebuya itu pun beragam. Adaa yang putih, merah muda, kuning, maupun oranye. Semuanya tampak serasi mempercantik kota.

Salah seorang warga Kelurahan Tempelan Blora, Haris (47), mengaku terpesona dengan pemandangan bunga tabebuya yang bermekaran ini.

“Indah, sejuk, rapi, bunganya mekar semuanya. Bersamaan bagus sekali. Saya jadi nyaman melintas sambil jalan-jalan pagi,” jelas Haris saat ditemui di Jalan Sindoro, Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora, Senin (1/10/2024).

Haris menyebut bunga tabebuya itu membuat kawasan trotoar di Blora tampak seperti suasana di Jepang.

“Seperti sedang di luar negeri, Jepang, kayak yang ada di TV,” ucap Haris.

Dia berharap agar pohon tabebuya bisa terus dirawat dan kalau bisa ditambahkan lagi di ruas jalan lainnya.

“Bagus, tolong dirawat yang baik. Saya lihat batang pohonnya mulai besar, banyak yang mulai mendesak ubin trotoar. Semoga ada pelebaran space untuk pohon sehingga bisa tumbuh baik. Jangan malah pohonnya ditebang menyesuaikan trotoar, tapi pembangunan trotoar yang harus memperhatikan tumbuh kembang pohon. Seperti di Yogyakarta itu bagus pohon yang di trotoar punya space lebar untuk tumbuh,” tambahnya.

Potret bunga tabebuya bermekaran di Jalan Gunung Wilis Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora Foto: Achmad Niam Jamil/detikJateng

Hal senada disampaikan salah satu pelajar SMA di sekitar lokasi, Salsa (16). Dia bahkan sempat berswafoto dengan suasana bunga tabebuya yang bermekaran itu.

“Suka banget, jalannya jadi indah adem, rasanya pengen memperlambat laju kendaraan sambil menikmati indahnya tabebuya. Kemarin juga sempat berhenti untuk foto sama teman teman. Terima kasih Pak Bupati dan jajarannya yang sudah bikin Blora indah,” ujar Salsa yang juga ditemui di kawasan Jalan Sindoro.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora, Istadi Rusmanto, melalui Plt. Sekretaris DLH Bayu Himawan menjelaskan pohon tabebuya yang bermekaran itu merupakan hasil penanaman beberapa tahun lalu pascarenovasi trotoar kota.

“DLH akan terus melakukan pemantauan dan pemeliharaan pohon peneduh jalan raya, termasuk tabebuya yang kini sedang bermekaran. Kebersihannya juga terus dilaksanakan berkala oleh petugas kami,” jelas Bayu saat ditemui di Kantor DLH Kabupaten Blora.

Selain penanaman tabebuya, pihaknya juga melakukan penanaman bunga bougenville untuk mempercantik kota. Bunga itu bakal ditanam di pot-pot.

“Semoga ke depan bisa terus ditingkatkan agar Blora semakin indah, asri, ijo royo-royo. Sehingga bisa meningkatkan penilaian Adipura selanjutnya,” ujar Bayu.

——-

Artikel ini telah naik di detikJateng.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version