Kamis, Oktober 10

Jakarta

MediaTek resmi mengumumkan chipset flagship terbarunya, Dimensity 9400. Chipset ini membawa peningkatan untuk performa dan efisiensi, serta dukungan untuk AI dan ponsel layar lipat tiga.

Dimensity 9400 dibuat menggunakan pemrosesan 3nm yang diklaim 40% lebih efisien ketimbang generasi sebelumnya. Sama seperti pendahulunya, Dimensity 9400 juga menggunakan arsitektur ‘all big core’ yang terdiri dari empat core ultra-besar dan empat core besar.

Chipset ini terdiri dari satu inti Cortex X925, tiga inti Cortex-X4, dan empat inti Cortex-A720. MediaTek mengatakan kombinasi ini menghasilkan performa single-core 35% lebih kencang dan performa multi-core 28% lebih kencang dibandingkan Dimensity 9300.


Dimensity 9400 juga mengusung GPU Immortalis-G925 dan NPU generasi ke-8 buatan MediaTek. Menurut perusahaan asal Taiwan ini, GPU tersebut memberikan performa puncak 41% lebih cepat dan performa ray tracing 40% lebih kencang.

Sementara itu, NPU yang diusung Dimensity 9400 mendukung pelatihan model AI on-device dengan performa prompt large language model 80% lebih cepat. NPU ini juga mendukung video generation menggunakan AI dan Google Gemini Nano, seperti dikutip dari 9to5Google, Rabu (9/10/2024).

MediaTek Dimensity 9400 Foto: MediaTek

Menariknya, Dimensity 9400 juga mendukung teknologi MIPI untuk ponsel layar lipat tiga alias tri-fold. Saat ini baru ada satu ponsel layar lipat yang dijual di pasaran yaitu Huawei Mate XT yang menggunakan chip Kirin.

Bukan berarti akan ada lebih banyak ponsel layar lipat tiga yang akan diluncurkan tahun depan, namun MediaTek sepertinya ingin menekankan bahwa jika ada vendor lain yang ingin memproduksi ponsel layar lipat tiga saat ini sudah ada chip yang mendukung.

Terakhir, Dimensity 9400 hadir dengan modem 5G baru yang mendukung kecepatan jaringan hingga 7GB/detik. Modem itu dikombinasikan dengan chip Wi-Fi/Bluetooth baru dengan konsumsi daya lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

MediaTek mengatakan ponsel Android pertama yang ditenagai Dimensity 9400 akan tersedia pada kuartal keempat tahun ini. Berdasarkan rumor yang beredar, chipset ini akan debut bersama Vivo X200 series yang akan diluncurkan pekan depan.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version