Minggu, Juni 30


Jakarta

Minuman es kopi kini banyak dipilih untuk meningkatkan fokus. Jauh sebelum variasinya beragam, ternyata es kopi pertama di dunia berasal dari Aljazair. Begini racikannya.

Es kopi seolah jadi jawaban tepat saat ingin menumpas dahaga sekaligus meningkatkan fokus. Racikan kopi, air, dan es batu ini terkadang juga ditambahkan susu segar sehingga terasa lebih nikmat.

Saat ini variasi es kopi begitu beragam dengan paduan sirup dan topping. Namun belum banyak yang tahu soal cikal bakal racikan es kopi yang berasal dari Aljazair.


Minuman kopi dingin dan manis itu disebut mazagran. Melansir dari Greatist, invasi Prancis ke Aljazair dimulai pada 1830-an. Saat itu kekuasaan Ottoman dikuasai Prancis.

Pada paruh kedua dekade ini, Sufi Emir Abd al-Qadir, revolusioner Aljazair, memimpin perlawanan terhadap Prancis.

Pada 1837, Abd al-Qadir berunding dengan Jenderal Bugeaud dari Prancis dan melahirkan Perjanjian Tafna. Abd al-Qadir mendapatkan kekuasaan di dalam negeri dan mulai memperjuangkan kebebasan dari invasi kolonial.

Akan tetapi, tiga tahun setelah perjanjian, pasukan Aljazair menangkap lebih dari 100 tentara Prancis di pos terdepan Mazagran, sebuah kota dan komune di sepanjang pantai Aljazair.

Mazagran awalnya dibuat dengan mencampurkan kopi bersama air dingin. Foto: Getty Images/iStockphoto/DIPA

Bala bantuan Prancis tiba dan benteng dikepung. Akses pun terbatas dan kopi tak lagi bisa dinikmati dengan bahan tambahan apa pun kecuali air dingin. Air dingin ini juga dimanfaatkan untuk melawan cuaca panas di sana.

Minuman kopi dingin ini kemudian disebut mazagran. Sampai abad 20, mazagran sangat lumrah dipesan oleh warga Prancis di negara mereka sendiri.

Hanya saja, saat ini mazagran tak lagi umum di Aljazair dan Prancis.

Jika Anda ingin mencari versi asli mazagran, maka Anda perlu ke Portugal. Di sana biasanya mazagran dibuat dengan menambahkan lemon dan sedikit rum.

Ragam es kopi di dunia

5 Manfaat Es Kopi Vietnam, Es Kopi Viral di Kasus Kopi SianidaDi Vietnam, es kopi dinikmati bersama kental manis. Foto: Ilustrasi Getty Images/iStockphoto

Selama bertahun-tahun, mazagran bermutasi dan melahirkan ragam minuman es kopi.

Menukil laman Coffee Magazine, Austria memiliki sajian mazagran yang dilengkapi es batu dan segelas rum. Orang-orang meminumnya dalam sekali teguk.

Di Vietnam, warga lokal menyajikan kopi dengan rasa kuat dipadu dengan kental manis dan es. Sementara di Jerman, Anda bisa memesan eiskaffe atau kopi dingin dengan es krim.

Di Indonesia, terdapat es kopi yang bisa ditemukan di kedai-kedai kopi. Pun kini es kopi dimodifikasi dengan menambahkan susu cair dan gula aren.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul “Mengenal Mazagran, Es Kopi Pertama di Dunia”

(adr/adr)

Membagikan
Exit mobile version