Senin, Oktober 21

Jakarta

Dengan jaringan WiFi, kita bisa menjelajahi internet hingga menikmati hiburan streaming. Namun, sebelum memasang WiFi di rumah atau apartemen ada persiapan yang perlu dilakukan.

Sebelum pasang WiFi, pelajari apa saja yang yang diperlukan seperti berikut ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang WiFi

Dilansir laman Martin Kaine Electrical, berikut adalah hal yang diperhatikan sebelum pasang WiFi:


1. Memilih Penyedia Layanan Internet (ISP)

Kamu perlu membandingkan penyedia ISP yang tersedia di daerah lokasi kamu. Ketahui dan bandingkan faktor kecepatan, keandalan, ulasan pelanggan, dan biayanya.

Pahami juga ketentuan kontrak juga perlu dipahami. Karena beberapa ISP mungkin menawarkan tarif awal yang menarik di awal. Jadi, pahami durasi promosi ini dan tarif reguler yang akan kamu bayarkan setelahnya.

2. Pahami Jenis Router

Pahami berbagai jenis router yang tersedia, ini untuk memaksimalkan kinerja internet dan sesuai dengan kebutuhan rumah kamu. Router tersedia dalam berbagai spesifikasi dan kemampuan.

Perhatikan juga peringkat kecepatan router. Ini biasanya diukur dalam Mbps atau Gbps, dalam rangka memastikan kecepatannya sesuai dengan kecepatan ISP.

3. Penempatan Router

Penempatan router di tengah rumah dan di tempat yang tinggi, biasanya akan lebih memaksimalkan WiFi karena bebas dari halangan.

Lokasi tersebut merupakan penempatan strategis, yang menjamin distribusi sinyal yang lebih merata di seluruh ruang.

4. Amankan Jaringan

Mengamankan jaringan bertujuan menjaga informasi pribadi. Hal ini juga memastikan pengguna yang tidak berwenang tidak bisa mengakses WiFi milikmu.

Mulailah dengan pakai kata sandi yang kuat untuk jaringan. Gunakan campuran huruf besar dan kecil, angka, serta karakter khusus. Disarankan untuk menghindari kata sandi yang mudah ditebak, contohnya ‘123456’ atau ‘password’.

Periksa perangkat yang terhubung secara berkala dan segera hapus perangkat yang tidak dikenal. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan keamanan jaringan WiFi rumah.

5. Perluas Jangkauan WiFi

Mendapatkan jangkauan WiFi yang ideal di rumah, perlu menempatkan router secara strategis. Didukung juga dengan menggunakan perangkat tambahan seperti extender jangkauan maupun sistem mesh.

Jadi, usahakan menempatkan router di lokasi yang tinggi dan terpusat untuk memaksimalkan distribusi sinyal. Hindari menaruhnya di dekat dinding tebal atau benda logam, karena bisa menghalangi sinyal.

6. Periksa Masalah Konektivitas

Jika mengalami masalah konektivitas dengan WiFi, mulailah periksa apakah router terhubung dengan benar dan menyala.

Pastikan semua kabel terpasang sesuai dan pastikan lampu indikator daya menyala. Jika semuanya tampak benar, namun koneksi tetap tidak stabil, pertimbanngannya mungkin gangguan sinyal.

Cobalah pindahkan router ke lokasi yang lebih sentral, serta terbuka untuk meminimalkan hambatan tersebut. Gunakan extender WiFi atau sistem mesh sebagai upaya menghilangkan zona mati dan meningkatkan jangkauan.

(khq/fds)

Membagikan
Exit mobile version