Kamis, Oktober 17

Jakarta

Matahari telah mencapai fase ‘solar maximum’ dan bisa berlangsung selama satu tahun ke depan atau lebih lama, menurut para ahli dari NASA dan Solar Cycle 25 Prediction Panel di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Itu berarti, kemungkinan besar akan ada lebih banyak aurora seperti badai geomagnetik G4 yang menghasilkan aurora pada 10-11 Oktober dan badai geomagnetik G5 pada 10-11 Mei. Badai Matahari kali ini mungkin yang paling parah dalam dua dekade terakhir, dan mungkin selama 500 tahun.

“Apa yang kita alami saat ini dari Matahari menunjukkan bahwa Matahari telah mencapai fase maksimum siklus Matahari,” kata Lisa Upton, salah satu ketua Solar Cycle 25 Prediction Pane dan ilmuwan utama di Southwest Research Institute, dikutip dari Forbes.


“Ada potensi pada setiap fase siklus Matahari, tetapi frekuensinya meningkat saat berada pada fase solar maximum,” tambahnya.

“Kami memperkirakan akan berada dalam fase maksimum tersebut setidaknya selama enam bulan hingga satu tahun ke depan, mungkin bahkan sedikit lebih lama. Jadi pasti ada kemungkinan lebih tinggi untuk melihat badai geomagnetik yang intens selama fase tersebut,” jelasnya.

Badai Matahari Dahsyat

Aurora disebabkan badai geomagnetik yang intens ketika partikel bermuatan menghantam medan magnet Bumi sebelum berakselerasi menuruni garis medan magnetnya di kutub utara dan selatan untuk menciptakan oval hijau dan merah.

Solar maximum, yakni saat Matahari mencapai puncak aktivitas magnetik, membawa peningkatan kemungkinan badai geomagnetik yang signifikan.

Meskipun aktivitas magnetik Matahari naik dan turun selama periode sekitar 11 tahun, siklus Matahari saat ini, tampaknya akan lebih pendek dari itu.

Artinya, puncak Matahari kemungkinan akan berlangsung lebih lama dari biasanya, dan kemungkinan menghasilkan badai geomagnetik yang sering dan kuat hingga tahun 2026.

Siklus Matahari yang lebih panjang cenderung memiliki puncak yang lebih tajam dan memiliki fase puncak yang lebih pendek yang hanya berlangsung satu atau dua tahun, sementara siklus yang lebih pendek lebih lama, sehingga fase puncaknya berlangsung tiga atau empat tahun. Pada puncak yang mirip dengan yang dialami Matahari saat ini, puncak ganda atau bahkan tiga kali lipat dapat terjadi.

Lebih Banyak Aurora

“Pengumuman ini tidak berarti bahwa ini adalah puncak aktivitas Matahari yang akan kita lihat dalam siklus Matahari ini,” kata Elsayed Talaat, direktur operasi cuaca antariksa di NOAA.

“Meskipun Matahari telah mencapai periode puncaknya, bulan saat aktivitas Matahari mencapai puncaknya tidak akan diketahui selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun,” sambungnya.

Ketidakpastian ini terjadi karena penurunan aktivitas Matahari yang konsisten setelah puncak tersebut harus diamati. Puncak Matahari yang akan berakhir dalam waktu sekitar satu tahun tidak berarti akan terjadi penurunan penampakan aurora.

Upton mengatakan, bahkan, yang terjadi kemungkinan besar adalah sebaliknya. Kita memasuki periode maksimum selama dua tahun, jadi kita mengantisipasi fase maksimum selama sekitar satu tahun lagi sebelum kita benar-benar memasuki fase penurunan, yang akan membawa kita kembali ke minimum Matahari.

“Periode penurunan aktivitas Matahari ini ditandai dengan berkurangnya jumlah bintik Matahari, tetapi tidak selalu dengan berkurangnya dampak, bahkan setelah maksimum Matahari. Fase penurunan ini terkenal karena memiliki peristiwa Matahari yang sangat kuat,” kata Upton.

“Tidak dapat dihindari, hari-hari setelah siklus ini akan menghasilkan lebih banyak badai geomagnetik yang akan mengakibatkan aurora berada cukup jauh di selatan,” kata Bill Murtagh, koordinator program Space Weather Prediction Center di NOAA.

Tertinggi dalam 23 Tahun

Aktivitas Matahari saat ini berada pada titik tertinggi dalam 23 tahun. Matahari menghasilkan suar matahari X9, semburan radiasi yang tiba-tiba dan intens dari Matahari pada 3 Oktober. Ini merupakan yang terbesar dari Siklus Matahari ke-25 sejauh ini.

Solar Cycle 25 Prediction Panel, panel ahli internasional yang disponsori oleh NASA dan NOAA, telah bekerja sama untuk membuat prediksi mereka untuk siklus Matahari berikutnya sejak tahun 1989.

[Gambas:Youtube]


(rns/rns)

Membagikan
Exit mobile version