Senin, September 30


Jakarta

Total Linhas Aereas dari Brasil ingin menjadi perusahaan pertama di luar Asia yang membeli pesawat dari produsen pesawat milik negara China, Commercial Aircraft Corporation of China (Comac). Ia merupakan maskapai kargo dan charter kecil.

Mengutip Reuters, Jumat (27/9/2024), mereka mencoba masuk ke pasar jet penumpang global yang didominasi oleh produsen-produsen Barat. Total dan Comac telah mengadakan pembicaraan selama berbulan-bulan, kata mitra pengendali maskapai ini, Paulo Almada.

Mereka akan mengunjungi Comac di bulan Oktober untuk mendiskusikan potensi pemesanan hingga empat pesawat C919.


Menteri Pelabuhan dan Bandara Brasil Silvio Costa Filho mengatakan bahwa Total telah menghubungi pemerintah untuk menyampaikan niatnya. Akan tetapi sejauh ini belum menyampaikan rencana formal apa pun.

Sebuah kesepakatan dapat meningkatkan hubungan Brasil dan China yang lebih erat di sektor penerbangan menjelang kunjungan kenegaraan Presiden Xi Jinping pada bulan November.

Namun beberapa pengamat industri telah menyuarakan keraguan tentang rencana bisnis Total untuk jet-jet China tersebut.

“Meskipun Total mendapatkan penawaran yang bagus untuk pesawat-pesawat tersebut, catatan keandalannya yang belum terbukti dan kurangnya jaringan pendukung di Brasil membuatnya menjadi pilihan yang sangat beresiko,” ujar Carlos Ozores dari PA Consulting Aviation.

Almada dari Total mengatakan bahwa maskapai ini terpaksa mencari armada di luar pabrikan tradisional Barat seperti Airbus dan Boeing karena mereka tidak dapat memenuhi permintaan akan pesawat-pesawat baru.

Alasannya karena mereka bergulat dengan kendala-kendala rantai suplai. Sementara, Embraer dari Brazil dengan slot produksi mulai tahun 2026 namun hanya menawarkan jet penumpang dengan jumlah kursi di bawah 150.

“Industri ini berurusan dengan kekurangan pasokan, tetapi Comac mengatakan kepada kami bahwa mereka dapat mengirimkan pesawat pada bulan Maret mendatang,” kata Almada, yang menolak untuk membagikan dokumen dari negosiasi tersebut, dengan alasan perjanjian kerahasiaan.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version