Selasa, Oktober 1


Jakarta

Aksi marshal Sirkuit Mandalika di ajang Idemitsu Asia Talent Cup menjadi sorotan di jagat media sosial. Dalam tayangan video di akun Youtube Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), marshal Sirkuit Mandalika sempat masuk ke lintasan saat balapan masih berjalan.

Tujuannya untuk mengevakuasi motor rider Indonesia, Davino Britani, yang mengalami insiden di lap terakhir jelang garis finis. Momen tersebut terlihat cukup mengerikan. Pasalnya, balapan belum berakhir sepenuhnya. Dua rider yaitu Farhan Naqib dan Chiranth Vishwanath masih memacu kecepatan menuju garis finis.

Untuk diketahui, Davino kecelakaan di sektor terakhir jelang garis finis di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Dia terpelanting dari motornya saat bertarung di posisi enam besar. Motornya kemudian terjatuh di tengah lintasan. Marshal di Sirkuit Mandalika dengan sigap langsung bergerak mengevakuasi Davino dan juga motornya.


Salah seorang marshal kemudian masuk ke lintasan untuk memindahkan motor. Namun dia menyadari masih ada pebalap yang menuju garis finis. Marshal tersebut kemudian berlari kembali ke pinggir lintasan. Setelah tak ada lagi pebalap, barulah marshal bersama-sama mengevakuasi motor Davino.

Kejadian tersebut jelas mengerikan. Beruntung, tidak ada korban dari insiden marshal masuk ke lintasan saat balapan masih berlangsung. Tapi sebenarnya bagaimana prosedur evakuasi motor yang mengalami crash di lintasan?

Mengacu pada dokumen FIM Standards for Circuit 2024, poin 11.1.1 terkait recovery vehicles, disebutkan bahwa marshal akan membawa motor dari tempat terjadinya insiden ke Service Road. Dari sana, motor akan diangkut menggunakan kendaraan recovery untuk selanjutnya dibawa ke pit. Kendati demikian tak disebutkan secara spesifik soal waktu evakuasi motor di lintasan.

Di balapan motor kelas dunia, peran marshal memang sangat penting. Marshal memiliki berbagai tugas penting saat balapan berlangsung. Tugas-tugas mereka antara lain memastikan lintasan sirkuit bersih dan bebas dari rintangan yang berpotensi membahayakan pebalap, mengibarkan bendera, berjaga di area pit lane, berjaga di area starting grid, hingga membantu pebalap yang keluar lintasan dan jatuh di gravel.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version