Selasa, Oktober 22


Jakarta

Meski menang, Marc Marquez mengawali perlombaan di MotoGP Australia dengan buruk. Bahkan, motornya yang oleng hampir membuatnya celaka dan menghantam pebalap lain di dekatnya.

Disitat dari Motorsport, Marc Marquez menjelaskan, serangga besar menjadi penyebab utama buruknya start di Sirkuit Phillip Island, Australia. Hewan tak dikenal itu, kata dia, menempel persis di tengah-tengah visor helm.

Setelah menyadari ada serangga besar di helm, Marquez kemudian melepas plastik pelindung visor untuk menyingkirkannya. Plastik tersebut kemudian dia buang secara asal-asalan menjelang start dan justru mendarat di sekitar roda belakang.


“Saat saya sedang menyetel perangkat depan, ada serangga besar di sini (di tengah-tengah visor) dan saya tidak bisa melihat dengan jelas,” ujar Marc Marquez, dikutip Selasa (22/10).

“Saya memutuskan untuk membuangnya, berpikir bahwa serangga itu akan terbang ke dinding (pit) bersama angin. Tapi, itu malah mengenai ban belakang saya. Saya pikir ‘itu sangat sial, tidak mungkin seperti ini’. Tapi, ternyata memang seperti itu,” tambahnya.

Marc Marquez nyaris celaka di MotoGP Australia 2024 gara-gara tear-off Foto: Tangkapan layar X @MotoGP

The Baby Alien sadar, membuang plastik visor di lintasan merupakan tindakan yang salah. Sebab, ‘sampah’ tersebut punya karakter licin yang bisa membuat motor lain tergelincir. Namun, dia juga tak punya pilihan lain setelah menyadari ada serangga besar menempel di sana.

“(Pemahaman di antara) para pembalap adalah lebih baik tidak melepas stiker visor saat berada di grid. Baik untuk (keselamatan diri sendiri) maupun orang lain. Tapi, seperti yang kita tahu, Australia memiliki serangga yang sangat besar! Saya tidak punya pilihan lain,” kata dia.

Meski start-nya buruk, namun Marquez mampu menutup perlombaan dengan kemenangan. Ini merupakan kemenangan ketiganya di musim ini dan membuatnya naik ke urutan tiga klasemen sementara.

[Gambas:Instagram]

(sfn/din)

Membagikan
Exit mobile version