Sabtu, September 14


Jakarta

Pebalap Ducati asal Spanyol, Marc Marquez meraih pole position di kualifikasi MotoGP Aragon 2024, Sabtu (31/8). Sementara Jorge Martin yang sempat jatuh mampu mengamankan posisi keempat!

Di putaran pertama, Marc Marquez langsung gaspol dan mengukir waktu tercepat dengan catatan 1 menit 47,966 detik. Dia dibuntuti Aleix Espargaro dan Maverick Vinales hingga memasuki putaran kedua.

Sebelum benar-benar memasuki putaran kedua, nasib sial menimpa Jorge Martin yang mengalami crash di tikungan kelima. Dia tak mampu mengendalikan motornya ketika menikung terlalu ke luar.


Ilustrasi Jorge Martin jatuh di kualifikasi MotoGP Aragon 2024. Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto

Pebalap Pramac Racing tersebut kemudian kembali ke pit untuk mengambil motor baru. Dia melanjutkan sesi Q2 ketika waktu kualifikasi hanya menyisakan enam menit lebih.

Hingga Q2 tersisa lima menit, tak satupun pebalap mampu mengejar catatan waktu terbaik Marc Marquez. Namun, di saat bersamaan, posisi kedua dan ketiga mengalami perubahan. Pedro Acosta dan Francesco Bagnaia tiba-tiba merangsek ke urutan tersebut!

Di sisa waktu yang terbatas, Martin berusaha semaksimal mungkin untuk mencatatkan waktu terbaik. Dia terlihat sangat ngotot dan tak ragu mengambil risiko. Hasilnya, secara mengejutkan, dia menempati urutan kedua ketika Q2 tersisa 2 menit lagi.

Marc Marquez pole position di kualifikasi MotoGP Aragon 2024. Foto: dok.Istimewa

Namun, saat Q2 masuk detik-detik akhir, posisi Martin harus direbut dua pebalap sekaligus, yakni Acosta dan Bagnaia. Hingga akhir kualifikasi, tak ada perubahan di baris terdepan, Marquez tetap pole position, sementara Acosta kedua dan Bagnaia ketiga.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2024

  1. Marc Marquez
  2. Pedro Acosta
  3. Francesco Bagnaia
  4. Jorge Martin
  5. Alex Marquez
  6. Brad Binder
  7. Miguel Oliveira
  8. Franco Morbidelli
  9. Raul Fernandez
  10. Johann Zarco
  11. Aleix Espargaro
  12. Maverick Vinales
  13. Marco Bezzecchi
  14. Enea Bastianini
  15. Jack Millar
  16. Fabio Diggia
  17. Fabio Quartararo
  18. Takaaki Nakagami
  19. Augusto Fernandez
  20. Luca Marini
  21. Alex Rins
  22. Joan Mir.

(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version