Sabtu, Oktober 5

Jakarta

Umat Islam dan Kristiani meyakini kalau Nabi Adam adalah manusia pertama di Bumi. Tapi, sains juga menyebutkan bukti keberadaan manusia purba.

Aneka penemuan arkeologi menemukan bukti keberadaan manusia purba, dari Afrika, Eropa dan tentunya Asia, termasuk di Indonesia. Mulai dari Australopithecus afarensis, Homo neanderthalensis sampai Homo erectus.

Penelitian mengenai manusia purba sejak abad ke 19 terus berlangsung sampai ke masa kini. Tapi di sisi lain, ajaran agama Abrahamic seperti Yahudi, Kristen dan Islam mengenal sosok Nabi Adam sebagai manusia pertama di Bumi.


Tentunya orang-orang akan membandingkan manusia purba dan Nabi Adam. Apakah Nabi Adam termasuk manusia purba, atau justru berbeda sama sekali. Studi komparasi Nabi Adam dan manusia purba, tampaknya masih jarang terdengar.

Oleh karena itu Eureka! akan kembali hadir dengan episode terbarunya. Nah, Eureka! edisi Maret 2024 akan menghadirkan Dr Ali Akbar SS MHum, Pakar Arkeologi dari Universitas Indonesia (UI). Ali Akbar akan menjelaskan mengenai Nabi Adam dan kaitannya dengan manusia purba.

Jangan lewatkan waktunya ya. Kalian harus banget nonton live di channel YouTube detikcom dan Facebook detikcom sambil ngabuburit nih:

Eureka! Manusia Pertama di Bumi
Waktu: Senin, 25 Maret 2024
Jam: 14.00 WIB
Narasumber: Dr Ali Akbar SS MHum, Pakar Arkeologi dari Universitas Indonesia (UI)

Punya pertanyaan terkait Nabi Adam dan manusia purba. Jangan ragu tuliskan di kolom komentar ya!

Simak Video “Pondok Petir Ada di Depok, Peneliti Jelaskan Alasan Ilmiahnya
[Gambas:Video 20detik]

(fay/rns)

Membagikan
Exit mobile version