Jumat, Juni 28


Leipzig

Italia tampak buntu dan kesulitan membongkar Kroasia. Di saat-saat genting itu Riccardo Calafiori, seorang bek, membuka jalan Gli Azzurri.

Italia sempat terancam kelanjutan perjalanannya di Euro 2024, saat menghadapi Kroasia di Leipzig Stadium, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB. Gol Luka Modric pada menit ke-55 mengancam kans lolos mereka.

Padahal Italia datang dalam posisi di atas angin: cuma butuh hasil imbang untuk mengamankan tiket 16 besar. Namun gol Modric itu, menjadikan situasi lebih rumit karena dengan tiga poin, kelolosan akan bergantung pada hasil tim-tim lain di grup berbeda.


Sial pula buat Italia, sepanjang pertandingan kesulitan membuat peluang-peluang bersih. Kecuali kans Alessandro Bastoni di babak pertama yang dihalau kiper, praktis tak ada peluang lain yang benar-benar mengancam gawang Kroasia.

Meski mencatatkan 13 tembakan –Kroasia hanya enam–, Italia cuma membukukan tiga peluang on target berbanding empat milik Kroasia. Meski memasukkan Federico Chiesa, Gianluca Scamacca, lalu Mattia Zaccagni, Italia punya problem kreasi peluang dari tengah.

Problem itu tampak sulit diatasi Italia bahkan sampai memasuki detik-detik terakhir injury time. Di saat itulah, Calafiori menawarkan jalan keluarnya.

Ia merangsek membawa bola hingga memasuki sepertiga akhir, lalu dengan tenang menyodorkan bola ke kiri saat para pemain Kroasia terpancing bergerak ke tengah. Aksi brilian itu dituntaskan pula dengan sama briliannya oleh Mattia Zaccagni, dengan tendangan melengkung ke pojok kanan gawang.

Pecahlah emosi Italia. Satu gol pada menit terakhir injury time itu menjamin Azzurri lolos langsung ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 mendampingi Spanyol.

“Saya tak bisa menjelaskan perasaan saya sekarang ini karena saya sangat senang. Saya rasa kami berhak atas gol ini, sangat berhak,” kata Calafiori di situs UEFA.

“Kami membuktikan bisa bermain seperti ini. Kami mesti terus menempuh jalan ini. Ketika kami bermain tanpa rasa takut dan menggenggam pertandingan, rasanya sangat berbeda,” imbuh bek Bologna ini.

Simak Video ‘Euro 2024: Italia Lolos Dramatis ke Babak 16 Besar’:

[Gambas:Video 20detik]

(raw/adp)

Membagikan
Exit mobile version