Jumat, Oktober 18


Jakarta

Sarana di KA Jayabaya relasi Malang-Pasarsenen (pp) diperbarui mulai 16 Oktober 2024. Kereta api pertama yang menggunakan rangkaian kereta ekonomi new generation itu, mulai 2023, kini menggunakan stainless steel new generation yang diyakini semakin nyaman buat penumpang.

Dengan pembaruan sarana itu, KA Jayabaya menjadi kereta api kedua yang beroperasi dengan rangkaian campuran eksekutif dan ekonomi stainless steel new generation. Kereta lainnya adalah KA Lodaya dan KA Majapahit.

“Dengan sarana baru itu, pelanggan kereta api bisa menikmati suasana interior yang lebih clean dan modern, akses masuk dan pindah kabin kereta dengan pintu geser elektrik serta PIDS yang informatif selama dalam perjalanan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam rilis kepada detikTravel, Kamis (17/10).


Sebelumnya, gerbong ekonomi KA Jayabaya sudah nyaman, yakni menggunakan new generation modifikasi, dengan kursi single seat bikinan Balai Yasa Manggarai. Kapasitasnya 72 penumpang. Sebelum seri itu, KA Jayabaya ekonomi menyambut penumpang dengan kursi tegak berhadapan, kapasitasnya lebih banyak 80 penumpang per gerbong.

Nah, mulai kemarin kereta api Jayabaya itu merupakan kereta ekonomi Stainlees Steel New Generation, pengadaan baru dari INKA. Kapasitasnya tetap sama, yaitu 72 tempat duduk.

“KAI tengah melakukan kerja sama pengadaan kereta baru bersama INKA sebanyak 91 gerbong kereta api stainless steel new generation,” ujar Anne.

Anne menjelaskan kursi pada kereta ekonomi Stainless Steel New Generation sudah berjenis captain seat. Dengan kursi itu diyakini penumpang lebih nyaman jika menempuh perjalanan panjang.

Peningkatan kenyamanan ini karena keseluruhan kereta ekonomi new generation memiliki fasilitas desain kursi yang ergonomis dilengkapi fitur pengatur kemiringan (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving). Selain itu, sambungan tiap gerbong, pintu geser manual berubah menjadi elektrik, dan colokan listrik yang lebih banyak.

“Dengan pembaruan ini, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bagi para penumpang,” ujar Anne.

(fem/wsw)

Membagikan
Exit mobile version