Selasa, September 24


Jakarta

Penurunan daya beli rupanya tak mempengaruhi kalangan menengah ke atas. Banyak orang kaya yang tetap membeli mobil mewah hingga dealer kekurangan suplai.

Daya beli masyarakat Indonesia disebut tengah menurun. Penjualan mobil jadi ikut terimbas. Terlebih untuk masyarakat menengah ke bawah, saat memutuskan membeli mobil harus berpikir ulang berhubungan dengan aset yang dimiliki. Namun hal itu tak terjadi di kalangan atas.

Mobil-mobil mewah pun masih banyak diburu. Dealer Toyota Auto2000 justru mencatat adanya pertumbuhan pembelian mobil mewah. Tak disebutkan angka peningkatan pastinya, yang jelas saat ini dealer kekurangan suplai.


“Justru yang atas kalau saya lihat ada peningkatan di demand di luxury. Jadi untuk beberapa model luxury, di bawah Rp 1 miliar ada Camry, kemudian di atas Rp 1 miliar ada bZ4X, di atas Rp 2 miliar ada Land Cruiser, tapi untuk permintaan di segmen ini mengalami pertumbuhan, justru suplainya kurang,” terang Chief Marketing Auto2000 Yagimin kepada wartawan belum lama ini.

Menurut Yagimin, fenomena pembelian mobil mewah di kalangan atas juga cukup menarik. Sekalipun waktu inden lama, mereka tetap rela menunggu 2-3 tahun untuk mendapatkan mobil impiannya.

Adapun Yagimin mencontohkan model yang paling banyak diburu namun indennya lama seperti Land Cruiser dan juga Alphard.

“Kalau orang Indonesia itu senang, produk makin lama makin hot, berarti itu produk populer. Coba kalau produk nggak ngantre, produk nggak ada yang beli. Makin panjang antrean makin hot. Justru produk yang disukai masyarakat adalah seberapa lama orang itu mau menunggu,” beber Yagimin.

Sekalipun menunggu tahunan, konsumen mobil mewah ini pun cukup setia. Mereka tak tergoda mobil sejenis dari merek lain. Ini lantaran beberapa model mobil mewah itu, seperti Land Cruiser sudah memiliki reputasi yang cukup baik.

“Customer sudah terlalu cinta, nggak ada pilihan ya mungkin. Produk seperti Land Cruiser, 4×4, kemudian punya reputasi yang mungkin puluhan tahun dan juga memang sudah ada dan dipergunakan untuk kondisi dan area tertentu untuk segmen ini,” terang Yagimin.

“Banyak sih produk-produk baru yang masuk tapi rasanya Toyota ini juga masih menjadi salah satu pilihan bagi segmen customer seperti 4×4 Land Cruiser untuk kelas luxury dan Alphard MPV,” pungkas Yagimin.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version