Kamis, Oktober 10

Jakarta

Menu makanan khas Sunda selain familiar di lidah, variasinya juga banyak dan cocok untuk jadi menu makan siang. Seperti sajian makanan di rumah makan ini.

Tak hanya rasanya yang terkenal enak, makanan khas Sunda mudah ditemukan dan cita rasanya sudah familiar bagi banyak orang. Di Jakarta contohnya, ada banyak tempat makan dengan lauk dan menu khas Sunda yang beragam jenisnya dan harganya yang masih terjangkau.

Mulai dari rumah makan ala Sunda yang mengusung konsep prasmanan dengan lauk yang berjejer rapih. Sampai rumah makan Sunda yang terkenal dengan ayam gorengnya.


Berikut lima rekomendasi rumah makan gaya Sunda yang cocok untuk menu makan siang.

1. Warung Alam Sunda

Warung Nasi Alam Sunda Foto: detikcom/Riska Fitria

Salah satu warung makan Sunda yang sudah tak asing di telinga banyak orang adalah Warung Alam Sunda. Warung makan tersebut berasal dari Cianjur yang sudah punya beberapa cabang.

Kebanyakan cabang warung Sunda ini berada di daerah-daerah Jawa Barat. Kini mereka membuka cabang di Jakarta, tepatnya di kawasan Tanah Abang. Konsepnya sejak dulu memang prasmanan, pengunjung akan disambut dengan meja prasmanan isi puluhan lauk yang tersedia.

Mulai dari ayam goreng, ikan goreng, paru, bebek, perkedel, udang, sate ati ampela dan masih banyak lagi. Selain itu, juga tersedia aneka tumisan dan pepes. Nasi putihnya juga bebas bisa tambah sepuasnya, begitu juga dengan aneka sambal khas Sunda yang pedas bikin nagih. Kisaran harga lauknya dari angka Rp 15.000 saja.

2. RM Sunda Prasmanan Cikajang

10 Warung Sunda Prasmanan dengan Sambal Dadak yang Nampol Foto: Visual/Site Culinary

Di antara banyaknya restoran Korea dan kekinian di wilayah Senopati, hadir restoran prasmanan khas Sunda yang tak kalah terkenal. Namanya RM Sunda Prasmanan Cikajang, menyajikan berbagai jenis lauk khas Sunda. Mulai dari ikan, ayam, burung puyuh, babat, bebek, udang, hingga aneka sayuran.

Tak hanya itu, tersedia juga pilihan nasi putih dan nasi merah, dengan sambal pedas dan sedap yang bisa diambil sepuasnya. Harganya relatif terjangkau sekitar Rp 17.000 saja per lauknya, tersedia juga aneka pesmol dari ikan gurame, mas, bandeng, hingga pepes ayam dan lele yang tak kalah enak.

3. RM Ampera 2 Tak

Di RM Ampera 2 Tak Ada Prasmanan Khas Sunda dengan Sambal Dadak Pedas Foto: detikFood

Berdiri sejak tahun 2008, RM Ampera 2 Tak memiliki banyak cabang di daerah Jakarta dan sekitarnya. Tapi yang paling populer dan banyak dikunjungi adalah cabang RM Ampera 2 Tak di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang buka sejak pukul 7 pagi.

Dijamin ngiler ketika masuk ke RM Ampera 2 Tak karena kamu akan disambut dengan meja panjang berisi aneka lauk siap saji. Menu makanan di sini sebenarnya bisa ditemukan di warung nasi khas Sunda lainnya, tapi sensasi pilih-pilih lauk murah membuat orang rela mengantre untuk bisa makan di sini.

Mulai dari aneka ikan goreng seperti gabus, pari, bandeng, lele, gurame hingga mujair. Tak ketinggalan barisan jeroan yang ukurannya besar seperti paru, lindung, babat, limpa, usus, dan ati ampela. Menu klasik seperti empal, ayam, aneka pepes, perkedel jagung hingga peyek udang juga tersedia di sini. Kisaran harganya dari Rp 10.000 saja per lauk.

Simak Video “Menu yang Disediakan Pemprov DKI saat Uji Coba Makan Gratis di Sekolah
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version