Senin, Oktober 21


Jakarta

Berusia lebih dari 101 tahun, kakek asal Inggris ini bagikan rahasia panjang umur. Salah satunya rajin konsumsi makanan sederhana, seperti ikan sarden hingga masakan rumah.

Banyak penelitian yang menjelaskan kaitan antara pola makan seseorang dengan umur yang lebih panjang. Salah satunya penelitian terbaru dari Harvard Medical School dan Harvard T H.

Penelitian ini menemukan bahwa orang yang menjalani pola makan Mediterania memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mati muda. Pola makan ini juga menurunkan risiko penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.


Banyak juga orang-orang yang berusia lebih dari 100 tahun membagikan rahasia mereka panjang umur. Seperti seorang kakek bernama William asal Inggris yang lahir pada 1922.

Dilansir dari INSIDER (18/10), usianya kini mencapai 101 tahun. Hebatnya lagi ia baru berhenti bekerja atau pensiun di usia 85 tahun dan sampai sekarang masih tinggal sendirian di rumahnya.

Makan Ikan Sarden Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 101 Tahun Ini Foto: Site News

William termasuk ke dalam grup centenarian, berisi orang-orang yang usianya 100 tahun ke atas. Menurut beberapa penelitian dari Pew Research Center, hanya ada 0.03% populasi di Amerika yang termasuk ke dalam grup centenarian. Namun mereka memperkirakan bahwa jumlah orang yang panjang umur di Amerika bisa bertambah 0.1% pada tahun 2054.

Menurut Dr. Samir Sinha, selaku dokter yang memantau kesehatan William di Mount Sinai Hospital, Toronto, ia berharap dapat membantu William hidup selama mungkin. Dr. Samir tak sendiri, ia dibantu beberapa dokter lainnya untuk menjaga kesehatan William.

Uniknya, William memiliki rahasia panjang umur tersendiri. Ia berenang 4-5 kali dalam seminggu saat masih muda, kini ia rutin jalan kaki dan olahraga angkat beban setiap harinya. Aktivitas hariannya ini merupakan rekomendasi dari Dr. Sinha.

Makan Ikan Sarden Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 101 Tahun Ini Foto: Site News

Sampai sekarang William masih memasak dan menyiapkan makananya sendiri. Ia sejak dulu lebih suka makan masakan rumah, cukup jarang baginya konsumsi makanan olahan yang dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker dan diabetes tipe 2.

“Saya sejak dulu makan ikan sarden sejak usia enam tahun. Bahkan sebelum ikan sarden diketahui memiliki kandungan omega 3,” lanjutnya.

Ikan sarden tercatat sebagai jenis ikan yang paling umum dikonsumsi manusia. Ikan ini memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh seperti potassium, iron dan zat besi. Ikan sarden disebut bisa membantu kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah.

Selain pola makannya yang tidak neko-neko, William menyebut bahwa alasannya panjang umur karena dia selalu beraktivitas dan dulunya memiliki banyak pekerjaan. Jadi meski usianya sudah tidak muda lagi, ia tetap semangat menjalani hidup hingga ratusan tahun.

(sob/adr)

Membagikan
Exit mobile version