Kamis, September 19


Jakarta

Macet total di Puncak, Bogor, Jawa Barat, saat libur panjang akhir pekan lagi-lagi terjadi. Dibutuhkan penanganan yang tepat untuk mengatasi macet total di Puncak saat musim liburan.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dan telah melakukan perencanaan matang, jauh sebelum musim liburan panjang. Persiapan ini mencakup penempatan personel dari Polres Bogor dan Polda Jawa Barat, serta analisis kapasitas jalan.

Kapasitas rasio jalan dari Gadog hingga perbatasan Cianjur hanya mampu menampung 70 ribu kendaraan per hari. Namun, pada akhir pekan lalu, ada sebanyak 391.142 kendaraan yang melintas di kawasan tersebut, jauh melebihi kapasitas yang ada.


“Tentunya dari hasil rapat, kami sudah merumuskan beberapa rekomendasi. Dari Korlantas, bersama stakeholder terkait dan pemerintah daerah setempat, baik di Jawa Barat, Bogor, maupun Cianjur, perlu sinergitas. Kami telah merumuskan rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang,” kata Slamet dikutip Humas Polri.

Menurutnya, untuk rencana jangka pendek mencakup penanganan travel demand. Masyarakat diharapkan lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi.

Untuk rencana jangka panjang, Korlantas berharap Puncak dapat ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional. Artinya, kawasan Puncak perlu mendapatkan perhatian lebih dalam penanganan infrastruktur dan pengelolaan lalu lintas, serupa dengan wilayah wisata lain di Indonesia.

“Melalui kolaborasi dan sinergitas antara berbagai pihak, diharapkan masalah kemacetan di Puncak dapat teratasi dengan lebih efektif. Korlantas berkomitmen untuk terus mengantisipasi dan memperbaiki sistem lalu lintas, terutama menjelang momen penting seperti Pilkada dan Natal,” tambah Brigjen Slamet Santoso.

Korlantas mengajak keterlibatan aktif masyarakat terutama pengendara yang sering berkunjung saat libur panjang di wilayah Puncak, Jawa Barat. Pengendara diharapkan untuk menciptakan lalu lintas yang lebih aman dan tertib.

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version