Minggu, Oktober 6


Jakarta

Seekor macan tutul di kebun binatang China viral di media sosial karena badannya yang gemuk. Dia pun dibilang mirip Officer Clawhauser dalam film animasi Disney Zootopia.

Diberitakan CSMP, Kamis (13/6/2024) seekor macan tutul berusia 16 tahun di Kebun Binatang Panzhihua di Provinsi Sichuan viral pada bulan Maret lalu karena kondisinya yang kegemukan. Kebun binatang berusaha menurunkan berat badan macan tutul ini, namun mereka akhirnya menyerah.

Seorang staf kebun binatang mengatakan, bahwa mereka menghentikan rencana diet tersebut setelah berkonsultasi dengan beberapa ahli, yang menyatakan bahwa macan tutul tersebut sudah terlalu tua untuk melakukan semua perubahan.


Sebelumnya, pada bulan Maret, rekaman video macan tutul yang dijuluki ‘Petugas Clawhauser Tiongkok viral di media sosial. Tiba-tiba kebun binatang ini langsung populer dan ramai dikunjungi netizen yang penasaran.

[Gambas:Instagram]

Binatang diperlakukan dengan baik

Di kebun binatang ini, tiket masuknya mulai 2 yuan (sekitar Rp 4.500) saja. Walau murah, hewan-hewan di sini mendapatkan makanan dengan baik.

Banyak orang menyebut tempat ini sebagai ‘kebun binatang yang mempunyai hati nurani’ karena mereka menghabiskan sebagian besar penjualan tiketnya untuk membeli makanan bagi para hewan.

Obesitas adalah masalah umum di kebun binatang China

Menurut Kebun Binatang Hutan HongShan Nanjing, salah satu alasan dibalik gendut-gendutnya hewan di kebun binatang China karena hewan-hewan diberi makan dengan ‘terlalu baik’. Kebun binatang ini diakui sebagai kebun binatang terbaik di negara itu karena pengabdiannya terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan hewan.

Namun, menurut Sun Quanhui, penasihat ilmiah senior di World Animal Protection, alasan lain dibalik obesitasnya hewan karena kurangnya ruang gerak. Sun menyarankan pihak kebun binatang untuk mengurangi jumlah pakan dan meletakkan makanan di tempat yang sulit dijangkau untuk meningkatkan aktivitas macan tutul, yang juga akan bermanfaat bagi kesejahteraan psikologisnya.

Kebun Binatang Panzhihua pun telah mengikuti saran dari Sun, namun dalam 2 bulan berat badan macan tutul tersebut tak juga berubah. Staf kebun binatang mengatakan macan tutul yang mirip Clawhauser ini tidak memiliki masalah kesehatan.

“Semua baik-baik saja selama dia sehat dan bahagia,” kata mereka.

Simak Video “Wujud Robot Mini ‘Kecoa’ yang Bisa Lakukan Penyelamatan
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version