Minggu, September 8


Situbondo

Kejadian tak terduga dialami warga Situbondo. Mereka menemukan lumba-lumba yang berenang jauh hingga ke area persawahan.

Seekor lumba-lumba terdampar di sungai Desa Selomukti, Mlandingan Situbondo. Lumba-lumba warna hitam itu ditemukan nyasar hingga ke aliran sungai area persawahan.

Munculnya ikan berukuran sekitar 2 meter tersebut menjadi tontonan warga sekitar. Sebab, kemunculan ikan berukuran besar di sungai tawar merupakan peristiwa langka.


“Betul. Kejadiannya tadi siang sekitar pukul 13.00 WIB, saat air laut pasang,” jelas Kasat Polairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa kepada detikJatim, Sabtu (23/3/2024).

Menurutnya, lumba-lumba tersebut diduga berenang terlalu ke pinggir pantai saat air laut sedang pasang. Akibatnya, ikan tersebut masuk ke sungai. Lantas bergerak makin ke hulu.

“Ikan itu lantas didorong warga untuk dikembalikan lagi ke laut,” tandas Gede Sukarmadiyasa.

Informasi dihimpun, ikan tersebut kali pertama ditemukan seorang warga saat berada di sawahnya. Sungai dengan lebar sekitar 4 meter tersebut memang dekat dengan area persawahan.

Lantaran terdengar suara kecipak air sungai cukup keras, warga itu lantas melihatnya. Ternyata tampak seekor ikan berwarna hitam berukuran besar.

Pergerakan ikan tersebut tampak sangat lamban dan megap-megap lantaran kekurangan oksigen. Sebab, itu memang tak mampu beradaptasi. Karena ikan air asin berada di air tawar.

Setelah berkoordinasi dengan Polairud dan instansi terkait, warga lantas mendorong menyusuri sungai agar ikan tersebut kembali ke laut.

_____________

Artikel ini telah tayang di detikJatim

Simak Video “Penampakan Ratusan Lumba-lumba di Perairan Banyuwangi
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version