Rabu, September 18


Jakarta

Posisi Avanza di segmen Low MPV masih sangat kokoh. Avanza belum sanggup digeser rival-rivalnya.

Toyota Avanza masih masuk dalam jajaran mobil terlaris di Indonesia. Pada Agustus 2024, Avanza menempati posisi ketiga mobil terlaris tepat di bawah Kijang Innova dan Daihatsu Sigra. Dengan torehan itu, Avanza masih menempati posisi teratas di segmen Low MPV.

Avanza jauh meninggalkan rival-rivalnya. Dalam daftar 20 mobil terlaris itu, Avanza ditemani Xpander dan Veloz. Sisanya, tak ada lagi mobil di segmen Low MPV menghuni daftar 20 mobil paling banyak diburu masyarakat Indonesia. Mengutip data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Agustus 2024, distribusi Avanza dari pabrik Toyota ke dealer-dealer tercatat sebanyak 4.798 unit.


Posisi Avanza dibuntuti sang rival bebuyutan Mitsubishi Xpander. Xpander pada periode yang sama terdistribusi sebanyak 1.858 unit. Di tempat ketiga ada Toyota Veloz. Tercatat ada 1.279 unit Veloz yang didistribusi ke dealer-dealer Toyota. Di posisi keempat ada kembaran Avanza, Daihatsu Xenia.

Distribusi Xenia pada bulan kedelapan itu hanya 857 unit. Sementara itu torehan Honda Mobilio justru berbanding terbalik dengan Avanza. Honda tercatat sama sekali tak mendistribusikan Mobilio. Mobilio tercatat terakhir didistribusi pada bulan Juni sebanyak 60 unit. Sedangkan pada Juli dan Agustus tak ada Mobilio yang dikirimkan ke dealer-dealer.

Daftar Low MPV Terlaris Agustus 2024

Untuk mengetahui deretan Low MPV terlaris sepanjang Agustus 2024, berikut ini daftarnya.

1. Toyota Avanza: 4.798 unit
2. Mitsubishi Xpander: 1.858 unit
3. Toyota Veloz: 1.279 unit
4. Daihatsu Xenia: 857 unit
5. Wuling Confero: 569 unit
6. Hyundai Stargazer: 424 unit
7. Suzuki Ertiga: 381 unit
8. Nissan Livina: 1 unit
9. Honda Mobilio: 0 unit

Di segmen Low MPV, Avanza memang bukan pemain baru. Mobil ini sejak tahun 2003 sudah menghiasi pasar otomotif Indonesia. Di samping itu, harga jual kembali Avanza juga terbilang masih cukup baik. Faktor inilah yang membuat Avanza masih banyak digandrungi masyarakat dalam negeri.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version