Jumat, September 27


Lombok Tengah

MotoGP Mandalika 2024 akan mentas akhir pekan ini. Segala urusan terkait logistik balapan tersebut sudah beres.

MotoGP 2024 sudah memasuki seri ke-15 atau enam balapan lagi sebelum musim berakhir. Persaingan makin ketat setelah MotoGP Emilia Romagna pekan lalu yang dimenangi Enea Bastianini secara dramatis.

Saat ini, Jorge Martin memuncaki klasemen MotoGP dengan 341 poin, unggul 24 poin dari Francesco Bagnaia di posisi kedua. Bastianini dan Marc Marquez yang berada di posisi ketiga dan keempat juga masih berpeluang jadi juara.


Dengan persaingan yang memanas ini, tentunya segala persiapan harus dilakukan dengan maksimal oleh setiap tim. Tidak cuma dari tim dan pebalap, tapi juga dari elemen pendukung di luar lintasan yang tak kalah pentingnya.

Salah satunya adalah soal penanganan kargo dan logistik MotoGP Mandalika baik saat kedatangan maupun kepulangan. Adalah InJourney Aviation Services (IAS) yang dipercaya kembali menangani hilir-mudik alat tempur pebalap MotoGP selama di Lombok.

Perusahaan sub holding dari InJourney tersebut memang punya keahlian utama terkait ground handling & cargo terminal, logistics, hospitality, and operations support.

Kedatangan kargo logistik MotoGP dilakukan secara bertahap dimulai sejak 23 Agustus-25 September 2024 dengan berat muatan sekitar 650 ton. Pada Rabu (25/9/2024) IAS telah menyelesaikan proses inbound (kedatangan) kargo MotoGP dengan pesawat kargo maskapai Qatar Airways di Bandara Internasional Lombok.

Logistik MotoGP tahap terakhir ini berisi race equipment, safety car, dan beberapa perlengkapan lainnya. Alhasil para pebalap sudah bisa beraksi di lintasan pada sesi Free Practice 1 dan 2, serta Practice, mulai Jumat (27/9) sore WITA.

“Hari ini kami Injourney Aviation Services (IAS) telah menyelesaikan proses inbound (kedatangan) Race Equipment & Safety Car MotoGP 2024 dari negara Italia (Milan) melalui 5 pesawat kargo maskapai Qatar Airways yang membawa kurang lebih 500 ton kebutuhan logistik MotoGP 2024,” ujar Direktur Utama InJourney Aviation Services (IAS), Dendi Danianto, dalam rilis kepada detikSport.

Sebelumnya, pengiriman kargo via laut (sea freight ) dari berbagai negara telah sampai di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika sedari 1 hingga 19 September dengan total kargo 24 kontainer.

Kontainer dikirim ke Pelabuhan Lembar Lombok, sebelum diangkut menggunakan truk trailer menuju Sirkuit Internasional Mandalika untuk proses unloading.

Penanganan kargo Spesial Event International bukanlah hal yang baru bagi InJourney Aviation Services (IAS), karena sudah menanganinya sejak menangani MotoGP 2022, WSBK 2022, WSBK 2023, dan MotoGP 2023.

“IAS berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dalam setiap proses bisnis mulai dari cargo logistic, operation support, dan hospitality untuk memastikan keberhasilan event MotoGP 2024,” papar Dendi.

(mrp/nds)

Membagikan
Exit mobile version