Minggu, Juni 30


Jakarta

Nissan Livina belum juga berganti wajah sejak meluncur tahun 2019. Dengan tampilan seperti sekarang, Nissan menyebut Livina masih ada yang beli dan konsumen puas.

Tampilan Nissan Livina sejak tahun 2019 berubah total. Ya, MPV andalan Nissan itu berganti wajah menyerupai Mitsubishi Xpander. Tampilan sangat identik, interior mirip, dan mesinnya juga sama seperti Xpander. Lima tahun berjalan, Nissan sama sekali belum memoles tampilan Livina.

Sementara kembarannya, Xpander, sudah pernah mengalami facelift. Kendati demikian, bagi Nissan dengan wajah yang ada saat ini, Livina masih punya peminatnya. Pun konsumen yang membeli Livina merasa puas lantaran mobil memiliki kualitas yang baik.


“Faktanya Livina masih ada yang beli. Pertama karena brand-nya kita kuat, brand image kita kuat. Meski diisukan pabrik tutup segala macam, faktanya yang beli itu puas. Kenapa? Kita mulai dari yang namanya kualitasnya. Kita nggak ada (sparepart) KW 1, KW2. Dengan kondisi kualitas tadi, umurnya kan lebih panjang. Makanya customer kita pada happy,” beber Nasional Sales Division Head PT Nissan Motor Distributor Indonesia Caca Tobing.

Adapun menyoal facelift kata Caca, pihaknya belum berencana ke arah sana. Di Indonesia, Nissan masih akan tetap menjajakan Livina dengan tampilan yang ada saat ini.

“Kalau soal facelift atau totally change, itu (masalah) RnD ya. Itu nggak sebanding dengan volume. Kecuali kita produksi global, kalau produksi global lain cerita. Pembaruan sih sejauh ini saya belum dengar. Tapi untuk mempertahankan market kita masih di model ini,” lanjut Caca.

Dikutip dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahun ini Nissan hanya menjual Livina dengan satu varian, yaitu Livina VL. Per bulannya, penjualan wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer Nissan Livina tercatat sebanyak 20-30 unit. Sampai Mei 2024, penjualan Nissan Livina sebanyak 125 unit.

Sekadar kilas balik, penjualan Livina dari tahun ke tahun itu memang terus mengalami penurunan. Mengacu pada data wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), saat perdana mengaspal, ada ribuan unit Livina yang bisa terdistribusi ke dealer-dealer Nissan. Untuk lebih lengkapnya, berikut data penjualan Nissan Livina dari tahun ke tahun.

2023: 568 unit
2022: 1.097 unit
2021: 2.015 unit
2020: 9.082 unit

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version