Minggu, Oktober 27

Jakarta

Lisa ‘BLACKPINK’ belakangan banyak menghabiskan waktu di Eropa dan Amerika. Ia pun kerap merindukan kuliner dari kampung halamannya, Thailand. Ini 5 makanan yang paling bikin Lisa kangen.

Karir Lisa ‘BLACKPINK’ yang kini merambah sebagai penyanyi solo sekaligus brand ambassador merek fashion membuat ia sering tinggal lama di luar negeri. Ia juga sudah lama meninggalkan negara asalnya, Thailand setelah memilih jadi idol di Korea Selatan.

Tak dapat dipungkiri, rasa rindu akan kampung halaman juga dirasakan wanita 27 tahun ini. Lisa mengungkap sejumlah makanan Thailand yang kerap membuatnya kangen.


Dalam unggahan Instagram @lalalalisa_m (23/10/2024), pelantun Moonlit Floor ini menyebut ragam makanan Thailand favoritnya, dari hidangan pembuka, utama, sampai penutup.

Salah satu makanan ada yang sangat mengingatkan dia akan Thailand karena sulit menemukannya di luar negeri. Lalu Lisa juga menyebut dessert Thailand yang mirip dengan es campur Indonesia sebagai favoritnya.

Berikut 5 makanan Thailand yang paling bikin Lisa ‘BLACKPINK’ kangen:

1. Moo Tod Pla Ra

Foto: Getty Images/Namyee Yingdamnoon

Di urutan pertama, Lisa ‘BLACKPINK’ menobatkan Moo Tod Pla Ra. Hidangan ini pada dasarnya adalah fillet daging babi goreng (Moo Tod) yang difermentasi dengan bumbu fermentasi ikan (Pla Ra).

Bumbu Pla Ra khas Thailand kabarnya mirip dengan Padaek di Laos. Dibuat dengan cara memfermentasi ikan bersama dedak padi atau tepung beras sangrai dan garam. Proses fermentasi berlangsung dalam wadah tertutup selama minimal 6 bulan.

Lisa suka memakannya dengan ketan dan saus pedas khas Thailand. “Ini adalah camilan malam andalan saya. Ini sangat enak, kalian harus coba,” katanya.

2. Yum Ma Muang

Foto: Instagram @lalalalisa_m

Lisa juga kerap merindukan Yum Ma Muang yaitu salad mangga khas Thailand. Ciri utamanya adalah rasa mangga yang asam segar karena dibuat dengan mangga mengkal yang masih hijau.

Kemudian Yum Ma Muang ditambah beberapa bumbu, seperti air jeruk nipis, gula merah, dan kecap ikan. Pelengkapnya berupa irisan cabai merah, daun bawang, daun ketumbar, dan bawang merah. Lisa menyebut rasa salad ini asam dan manis berasal dari jenis mangganya.

Selain dimakan polos begitu saja, Yum Ma Muang juga jamak ditambahkan protein, misalnya udang dan suwiran ayam. Rasanya bakal lebih kompleks dan nutrisinya juga lebih lengkap.

3. Kaeng Som Cha Om Kai

Foto: Getty Images/Namyee Yingdamnoon

Pelantun Rockstar ini juga mengaku kangen Kaeng Som Cha Om Kai. Ia mengatakan hidangan ini sangat spesial karena mengingatkannya akan rumah. “Karena hidangan ini sangat sulit ditemukan (di luar Thailand),” kata Lisa.

Mengutip Sabai Thai Spa, Kaeng Som Cha Om Kai pada dasarnya adalah kari asam pedas berbahan udang dan omelet Cha Om. Cha om merupakan herba khas Thailand yang kerap ditambahkan ke dalam bumbu omelet.

Semangkuk kari ini terasa asam segar karena menggunakan tamarind alias asam Jawa. Lalu ada rasa manis dari gula aren (palm sugar) sebagai bumbunya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version