Minggu, Juni 30


Jakarta

Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah memperingati momentum 1 Muharram. Tahun ini, Tahun Baru Islam diperingati pada bulan Juli 2024.

SKB 3 Menteri juga menetapkan peringatan Tahun Baru Islam 2024 sebagai libur nasional. Berapa hari libur Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M? Berikut informasinya.

Berdasarkan SKB 3 Menteri, Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M jatuh pada 7 Juli 2024. Tanggal 7 Juli 2024 juga ditetapkan sebagai libur nasional peringatan Tahun Baru Islam 2024.


Libur Tahun Baru Islam hanya pada tanggal 7 Juli 2024 yang jatuh pada hari Minggu. Tidak ada cuti bersama peringatan Tahun Baru Islam 2024.

Asal-usul Penetapan Tahun Baru Islam

Penetapan awal penanggalan Hijriah atau awal Tahun Baru Islam merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Hari itu juga ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan Hijriah atau kalender Islam yakni 1 Muharam 1 Hijriah.

Penentuan awal Tahun Baru Islam itu tidak lepas dari peran Khalifah Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Sayyidina Umar memutuskan untuk memulai tahun Hijriah saat hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah atas usulan dan rekomendasi Sayyidina Utsman dan Ali bin Abi Thalib.

Bulan Rabi’ al-Awwal diusulkan sebagai awal bulan untuk memulai Tahun Baru Islam. Hal ini dikarenakan Rasulullah SAW melakukan hijrah pada bulan tersebut.

Namun, usulan tersebut ditolak. Khalifah Umar memilih bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam susunan tahun Hijriyah. Pendapat ini didukung pula oleh Utsman bin Affan.

Alasan lain pemilihan bulan Muharram adalah meskipun hijrah dilakukan di bulan Rabi’ al-Awwal, akan tetapi permulaan hijrah dimulai sejak bulan Muharram. Khalifah Umar mengatakan, wacana hijrah dimulai setelah beberapa sahabat membaiat Nabi, yang dilaksanakan pada penghujung bulan Zulhijah.

Adapun bulan yang muncul setelah Zulhijah yaitu bulan Muharram. Oleh sebab itu, Muharram dipilih serta disepakati menjadi bulan pembuka dalam tahun Hijriah.

Tanggal Merah Juli 2024

Dikutip dari SKB 3 Menteri, ada satu tanggal merah di bulan Juli 2024 untuk memperingati Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah. Berikut rinciannya.

  • Minggu, 7 Juli 2024: Tahun Baru Hijriah/Tahun Baru Islam 1446 H.

Dengan demikian, tidak ada periode tanggal merah di bulan Juli 2024 karena libur nasional Juli 2024 jatuh pada hari Minggu atau akhir pekan.

Lihat juga Video ‘Puncak Kunjungan Taman Margasatwa Ragunan Diprediksi Terjadi Selasa’:

[Gambas:Video 20detik]

(kny/imk)

Membagikan
Exit mobile version