Minggu, Juni 16


Dublin

Gian Piero Gasperini merasa Atalanta memang pantas menjuarai Liga Europa musim ini. Sebab La Dea mengalahkan para pemuncak liga sebelum bertakhta.

Atalanta menghadapi Bayer Leverkusen di Aviva Stadium, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. Meski tidak diunggulkan, Atalanta mampu mengejutkan Leverkusen lewat permainan cepat dan mematikan.

Leverkusen tidak berkutik dan harus menelan kekalahan 0-3 lewat torehan hat-trick Ademola Lookman. Leverkusen gagal menuntaskan musim tanpa terkalahkan dan meraih treble, sementara Atalanta meraih trofi kedua sepanjang sejarah klub itu.


Ini sudah pasti pencapaian luar biasa untuk Atalanta yang memang bukan kekuatan besar di benua Eropa. Tapi, untuk musim ini, Atalanta dianggap pantas untuk menjadi jawara Liga Europa.

Mereka tak terkalahkan di fase grup dengan empat kemenangan dan dua seri. Lalu, di babak gugur, Atalanta cuma kalah sekali dari Liverpool di leg kedua perempatfinal dengan skor 0-1 dan meraih tiga kemenangan serta dua seri.

Hebatnya dalam perjalanan menuju tangga juara, Atalanta tidak terkalahkan saat menghadapi tim-tim pemuncak liga-liga top Eropa. Sporting yang jadi juara Liga Portugal musim ini dua kali imbang dan dua kali kalah.

Setelah menyingkirkan Sporting di Babak 16 besar, giliran Liverpool yang jadi korban Atalanta. Liverpool memang cuma finis ketiga di Liga Inggris, tapi saat dibantai 0-3 di Anfield, mereka sedang memuncaki klasemen.

Terakhir adalah Leverkusen yang datang sebagai juara Bundesliga dan tidak pernah kalah selama 361 hari terakhir, juga dilibas.

“Saya rasa kami sudah mencatatkan sejarah, dan juga dengan cara kami memenanginya. Luar biasa. Kami mengalahkan Liverpool dan Sporting yang jadi juara liga,” ujar Gasperini di situs resmi UEFA.

“Kami bertemu Liverpool saat mereka memuncaki Premier League… dan kini giliran juara Liga Jerman. Luar biasa! Para pemain hebat sekali. Performa yang takkan terlupakan.”

(mrp/ran)

Membagikan
Exit mobile version