Sabtu, September 14

Jakarta

LG Innotek dipastikan akan menjadi pemasok utama untuk modul kamera tele di jajaran iPhone 16 Pro.

Berdasarkan laporan dari The Elec, pembuat komponen asal Korea Selatan itu sudah menerima pesanan penuh untuk batch pertama jajaran iPhone 16 Pro. Pesanan itu berupa modul kamera tele dengan teknologi folded zoom, serta memasok aktuator untuk optical image stabilization (OIS) dari hasil kerja sama dengan Jahwa Electronics.

Pesanan batch pertama untuk modul kamera tele ini disebut sudah mencakup lebih dari setengah pesanan untuk total iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max yang akan diproduksi oleh Apple. Bahkan beberapa sumber lain menyebut angka yang lebih besar, yaitu mencapai 70% untuk total dua seri iPhone Pro yang akan diproduksi oleh Apple.


Sisanya baru akan diproduksi pada Q4 2024 oleh Foxconn dan Cowell, untuk mengurangi biaya produksi.

Sebagai informasi, LG Innotek juga menjadi satu-satunya pemasok kamera tele untuk iPhone 15 Pro Max. Sharp sebenarnya diperkirakan akan ikut menjadi pemasok modul kamera tersebut, namun mereka mundur di tengah jalan.

Seperti diketahui, teknologi kamera tetraprism — atau kalau di Android lazim disebut sebagai kamera periskop — akan dihadirkan di iPhone 16 Pro, bukan cuma di seri Pro Max seperti di iPhone 15 Pro Max. Sama seperti seri tahun lalu, kamera Tetraprism ini akan punya zoom optik 5x.

Dalam bill of material atau harga komponen untuk iPhone 15 Pro Max, kamera Tetraprism ini adalah salah satu penyebab naiknya harga iPhone 15 Pro Max dibanding iPhone 14 Pro Max.

Pasalnya, harga modul kamera ini lebih mahal USD 25,1 dibanding modul kamera tele di iPhone 14 Pro Max. Peningkatan harganya hanya kalah dibanding chip A17 Pro, yang harganya lebih mahal USD 30 dibanding A16 Bionic yang dipakai di iPhone 14 Pro dan kemudian dipakai di iPhone 15.

(asj/fay)

Membagikan
Exit mobile version